Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian dan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM Bagi Guru MGMP IPA Karanganyar
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i3.5312Diterbitkan:
2024-09-29Terbitan:
Vol 7 No 3 (2024): Juli - SeptemberKata Kunci:
Instrumen, Penilaian, , Pengembangan, Guru MGMP IPAArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Penyusunan instrumen penilaian dan pengembangan media pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM bagi guru sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, dilakukan pengabdian masyarakat pada musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten karanganyar yang bertujuan untuk penyusunan Instrumen Penilaian dan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM bagi guru MGMP IPA. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) Koordinasi dengan semua pihak terkait; 2) Focus group discussion pada beberapa masalah yang terjadi, solusi dan rencana tindak lanjutnya. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data keseluruhan indikator adalah peserta setuju bahwa pelaksanaan pelatihan telah berjalan dengan baik, dimana sebagian besar peserta berpandangan bahwa pelaksanaan pelatihan telah memberikan manfaat yang mendalam dan sangat membantu dalam peningkatan kualitas diri peserta.
Referensi
Babalola, E. O., & Keku, E. (2024). Ethno-STEM Integrated Project-Based Learning to Improve Students ’ Creative Thinking Skills. International Journal of Ethnoscience and Technology in Education (IJETE), 1(2), 116–130. e-journal.undikma.ac.id/index.php/ijete/index
Bramastia, B., Suciati, S., Nugraheni, F. S. A., Sari, M. W., Wati, I. K., Antrakusuma, B., & Masithoh, D. F. (2023). Effectiveness of EthnoSTEM-Based Science Learning to Improve Junior High School Students’ Science Literacy Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 332–337. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.5710
Busyairi, A., Rokhmat, J., Kosim, Gunawan, & Ardhuha, J. (2022). Pelatihan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbasis Potensi Lokal Bagi Guru di SMPN 3 Batukliang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 181–187.
Costa, M. C., Domingos, A. M. D., Teodoro, V. D., & Vinhas, É. M. R. G. (2022). Teacher Professional Development in STEM Education: An Integrated Approach with Real-World Scenarios in Portugal. Mathematics, 10(21). https://doi.org/10.3390/math10213944
Fasasi, R. A. (2017). Effects of ethnoscience instruction, school location, and parental educational status on learners’ attitude towards science. International Journal of Science Education, 39(5), 548–564. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1296599
Fern, K. S., Effendi, M., & Matore, E. M. (2020). Pendekatan STEM dalam proses pengajaran dan pembelajaran : Sorotan Literatur Bersistematik (SLR). Jurnal Pendidikan Sains & Matematika Malaysia, 10(2), 29–44.
Hacıoğlu, Y. (2021). The Effect of STEM Education on 21st Century Skills : Preservice Science Teachers’ Evaluations. Journal of Science, Technology, Engineering, Mathematics and Art Education, 2(4), 140–167.
Idrus, S. W. Al, & Suma, K. (2022). Analisis Problematika Pembelajaran Kimia Berbasis Etno-STEM dari Aspek Kurikulum. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 935–940.
Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Etno-STEM Berbantuan Canva Terintegrasi Gordang Sambilan Terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(2), 189–200.
Jufrida, Kurniawan, W., & Basuki, F. R. (2024). Ethnoscience learning: how do teacher implementing to increase scientific literacy in junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(3), 1719–1730. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.26180
Karim, S., Kandowangko, N. Y., & Lamangantjo, C. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 134–142.
Lightner, A. D., Heckelsmiller, C., & Hagen, E. H. (2021). Ethnoscientific expertise and knowledge specialisation in 55 traditional cultures. Evolutionary Human Sciences, 3(e37), 1–28. https://doi.org/10.1017/ehs.2021.31
Prabowo, D. W., Bramastia, Sarwanto, & Cohen, J. (2024). Connecting Indigenous Knowledge of Keris with Science Through an Ethnoscience E-module : A Case Study in Surakarta, Indonesia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 12(3), 693–704.
Solheri, S., Azhar, M., & Yohandri, Y. (2022). Analysis of ethnoscience integrated environmental literacy for junior high school. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 178–188. https://doi.org/10.22219/jpbi.v8i2.17657
Sudarmin, S., Sumarni, W., Azizah, M. H. Y., & Listiaji, P. (2020). Scientific reconstruction of indigenous knowledge of batik natural dyes using ethno-STEM approach. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042046
Sudarmin, Sumarni, W., & Mursiti, S. (2019). The learning models of essential oil with science technology engineering mathematic ( STEM ) approach integrated ethnoscience. Journal of Physical Education and Sports, 1321, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032058
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-STEM Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Sunardi. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM untuk meningkatkan Kemampuan dalam Berpikir Kritis, Kreatif dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 16(02), 135–144.
Suranti, N. M. Y., & Wahyuningsih, B. Y. (2023). Project Based Learning dengan Pendekatan STEM pada Pendekatan Pendidikan Dasar. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 4(4), 141–148.
Umami, R. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMA IT Tgh Umar Kelayu Tahun 2021/2022. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan, 5(2), 184–189.
Biografi Penulis
Bramastia, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Suciati, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Bayu Antarkusuma, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Febriani Sarwendah Asri Nugraheni, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Meida Wulan Sari, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bramastia, Suciati, Bayu Antarkusuma, Icha Kurnia Wati, Febriani Sarwendah Asri Nugraheni, Dyah Fitriana Masithoh, Meida Wulan Sari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).