Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Penanaman Apotek Hidup untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat di Dusun Talun, Pringgajurang Utara.

Penulis

Reni Andriani , Khaerul Ihwan , Baiq Naili Dewi Atika , Dwi Kartika Risfianty , Irna Il Sanuriza , Pahmi Husain

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5317

Diterbitkan:

2023-09-28

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Apotek Hidup, Kesehatan, Pekarangan, Talun, Pringgajurang Utara

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Andriani, R., Khaerul Ihwan, Atika, B. N. D., Risfianty, D. K. ., Sanuriza, I. I. ., & Pahmi Husain. (2023). Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Penanaman Apotek Hidup untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat di Dusun Talun, Pringgajurang Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 808–814. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5317

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Apotek hidup merupakan pemanfaatan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah melalui penanaman apotek hidup guna meningkatkan kesehatan masyarakat di dusun Talun, Desa Pringgajurang Utara, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan Kegiatan  pengabdian  terdiri  dari  survey, sosialisasi dan demonstrasi. Tumbuhan apotek hidup yang ditanam antara lain: jahe, lengkuas, kunyit, sirih, tomat, cabe, bawang merah, jeruk nipis dan pohon salam. Kegiatan sosialisasi berisi tentang pentingnya menanam apotek hidup di lingkungan sekitar sehingg dapat meningkatkan kesehatan serta meningkatkan motivasi masyarakat dalam apotek hidup di pekarangan rumahnya. Kemudain demonstrasi dapat menggambarkan secara teknis tata cara penanaman apotek hidup mulai dari persiapan, penanaman dan perawatan. Berdasarkan hasil kegiatan warga telah memahami dengan baik manfaat apotek hidup dantanaman warung hidup untuk menunjang kehidupan sehari-sehari.

Referensi

Abna, I. M., Rahayu, S. T., Pebrianti, E. D., Rizadilla, N., Mahfud, A., Septiyani, N., &

Valencia, Y. (2022). Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Kkn

Tematik Di Era New Normal Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Di Kelurahan

Rawa Buaya Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada

Masyarakat, 2(2), 4157-4166.

Aly, A. H., Andry, A., Zulfahmy, A., Arifin, F., Kumalasari, I., Noviyanti, L., ... &

Anggraeni, W. F. (2021). “Apotek Hidup†Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan

Masyarakat Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Pembelajaran

Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 286-293

Dwisatyadini, M. (2017). Pemanfaatan tanaman obat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif. Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City, 2, 237-270.

Hidayatulloh, A., Mahandika, D., Yuniantoro, Y., & Mudzakir, M. D. (2018). Pembudidayaan Tanaman Apotik hidup Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 341-346.

Husain, P., Ihwan, K., Risfianty, D. K., Atika, B. N. D., Dewi, I. R., & Anggraeni, D. P. (2023). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Konservasi Lingkungan Melalui Penanaman Pohon di Desa Pringgajurang Utara Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 297-302.

Ihsan, M. S., Husain, P., Ihwan, K., Fitriah, L., Hasena, M., & Pahmi, A. S. (2023). Sosialisasi Program Zero Waste dan Pengolahan Sampah untuk Mewujudkan Lingkungan yang Bersih dan Sehat di Desa Pringgajurang Utara, Lombok Timur. LUMBUNG NGABDI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 25-29.

Ihwan, K., Risfianty, D. K., Atika, B. N. D., Jayadi, I., Husain, P., Dewi, I. R., ... & Hidayati, L. (2023). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi di Desa Suela, Kecamatan Suela, Lombok Timur. LUMBUNG NGABDI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 34-38.

Jupri, A., Husain, P., Sucianawati, E., Ardina, G. A. D. N., Sunarwidi, E., & Rozi, T. (2022). Cegah Stunting dengan Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Desa Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 3(2), 101-106.

Jupri, A., Soleha, E. M., Aryadifta, L. I., Asyiqin, N. A., Rozi, T., Jannah, W., & Husain, P. (2022). Program TBS Cerdas Untuk Meningkatkan Kesadaran Anak-anak Akan Pentingnya Menjaga Mata Air dan Lingkungan Sekitar di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 158-162.

Listiana, A. (2015). Karakterisasi Minuman Herbal Celup Dengan Perlakuan Komposisi Jahe Merah: Kunyit Putih, Dan Jahe Merah: Temulawak. AGRITEPA: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pertanian, 2(1).

Novita, A. N., Purba, A. N., & Julia, H. (2023). Pemanfaatan Pekarangan Rumah Untuk

Penanaman Apotek Hidup Sebagai Penyedia Obat Obatan Herbal. Kaibon Abhinaya:

Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 45-49.

Rusmina. (2015). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Pada Masyarakat Suku Mundar Di Desa Sarude Sarjo Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat. Jurnal Biocelebes. 9(1): 73-87.

Solihah, R. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan sebagai

warung hidup keluarga di desa kutamandiri kecamatan tanjungsari. Kumawula:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 204-215.

Sudar, S., Rahayu, S. D., Aji, S. B., Fauzi, M. A., Restuyana, H., Anggraeni, A., ... & Fianto, Y. (2023). Pemberdayaan Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Warung Hidup dan Apotek Hidup. Surya Abdimas, 7(3), 435-441.

Suriyanti, L. H., Satria, J., Putri, A. A., Audia, D. W., Rizqi, M., Mendrofa, H. Y. Y., & Anjani, G. (2022). Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk Pembuatan Apotek Hidup Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 66-70.

Thoybatunnisa, E., & Risnain, M. (2022). Pembuatan Apotek Hidup Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Desa Lembar Selatan, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat, NTB. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 74-78.

Utami, C. S. (2022). Pembudidayaan Tanaman Apotek Hidup dengan Memanfaatkan Lahan Kosong di Kantor Desa Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170-176.

Biografi Penulis

Reni Andriani, Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Khaerul Ihwan, Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Baiq Naili Dewi Atika, Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Dwi Kartika Risfianty, Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Irna Il Sanuriza, Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Pahmi Husain, Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).