Pelatihan Pemanfaatan Kulit Jeruk Untuk Pembuatan Eco-enzim di Desa Sungai Gampa Kecamatan Rantau Badauh

Penulis

Fitria Rizkiana , Emilda Prasiska , Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani , Antoni Pardede

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5336

Diterbitkan:

2023-09-24

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

orange peel, ecoenzyme, sungai gampa

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rizkiana, F., Prasiska, E. ., Wardhani, R. R. A. A. K. ., & Pardede, A. . (2023). Pelatihan Pemanfaatan Kulit Jeruk Untuk Pembuatan Eco-enzim di Desa Sungai Gampa Kecamatan Rantau Badauh. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 880–884. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5336

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Sungai Gampa adalah salah desa yang ada di Kecamatan Rantau Badauh, yang banyak  warganya memiliki perkebunan jeruk. Melimpahnya buah dan limbah kulit jeruk yang dihasilkan, melatarbelakangi digagasnya kegiatan pelatihan tentang pemanfaatan kulit jeruk menjadi ecoenzim. Pelatihan pembuatan ecoenzim dari kulit jeruk memakan waktu ± 4 bulan. Secara garis besar, terdapat 3 rangkaian kegiatan pada pelatihan ini. Kegiatan ke-1 pemberian materi mengenai ecoenzim dan mengolahnya menjadi sabun, kegiatan ke-2 praktek membuat ecoenzim dari kulit jeruk,dan kegiatan ke-3 praktek membuat sabun padat dari ecoenzim. Ketiga rangkaian kegiatan ini setidaknya diikuti oleh 10 peserta. Adapun hasil dari angket yang sudah dibagikan kepada peserta menunjukkan hasil yang sangat positif, karena semua peserta pelatihan memberikan penilaian setuju pada setiap aspek yang dinilai.  

Referensi

Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Kuala. 2021. Kecamatan Rantau Badauh Dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Barito Kuala.

Jannah, M., Firdha, N., Idrus, H. A., & Farma, S. A. 2021. Organoleptic Test of Eco-Enzyme Product from Vegetable and Fruit Waste. Prosiding SEMNAS BIO Integrasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghasilkan Produk Sains Berbasis Kearifan Lokal, Juni 26

Mardatillah, A. Mikra, D. P., Salma, F., & Fevria, R. 2022. Pembuatan Ecoenzyme sebagai Upaya Pengolahan Limbah Rumah Tangga. Prosiding SEMNAS BIO 2022 Quo Vadis Pengelolaan Biodiversitas Indonesia Menuju SDGs 2045, Desember 3.

Suprayogi, D., Asra, R., & Mahdalia, R. 2022. Analisis Produk Eco Enzyme dari Kulit Buah Nanas (Ananas comosus L.) dan Jeruk Berastagi (Citrus X sinensis L.). Jurnal Redoks, vol 7, hal 19-27

Sutrisnawati, N.K., Saskara, K., Budiasih, N. G. A. N., & Ardiasa, I. K. 2022. Pembuatan Eco Enzym Sebagai Upaya Pengelolaan Limbah Prganik di The Jakarta Suite Komodo Flores. Akses: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ngurah Rai, vol 14, hal 1-13.

Biografi Penulis

Fitria Rizkiana, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).