Pelatihan Metode Statistika untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di SMAN 1 Selong

Penulis

Zulhan Widya Baskara , Dina Eka Putri , Nurul Fitriyani , Nur Asmita Purnamasari , Mustika Hadijati , Lisa Harsyiah , Desy Komalasari , Fiyoni  Suyono

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5350

Diterbitkan:

2023-09-18

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Guru, KTI, SPSS, Statistika

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Baskara, Z. W. ., Putri, D. E. ., Fitriyani, N. ., Purnamasari, N. A. ., Hadijati, M. ., Harsyiah, L. ., … Suyono, F. (2023). Pelatihan Metode Statistika untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di SMAN 1 Selong. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 767–771. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5350

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sejak Permenpan Nomor 16 Tahun 2009 yang mengatur persyaratan kenaikan pangkat bagi guru, banyak guru yang mengalami stagnasi dalam perkembangan karir mereka karena kesulitan dalam menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI). Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang analisis statistika yang diperlukan untuk mengolah dan menginterpretasikan hasil penelitian mereka. Sebagian besar analisis yang dilakukan oleh guru terbatas pada analisis deskriptif sederhana, hal ini menyebabkan analisis yang dilakukan masih kurang mendalam dan belum mampu menyimpulkan secara komprehensif. Program ini pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan melakukan pelatihan metode statistika dan bagaimana mengaplikasikannya. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang statistika, beberapa metode statistika yang relevan, serta penggunaan perangkat lunak SPSS. Program ini tidak hanya meningkatkan kompetensi statistika guru, tetapi juga berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan menjadi contoh inspiratif bagi sekolah lain yang menghadapi masalah serupa dalam pemahaman statistika

Referensi

Azahari, A. (2000). Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Universitas Trisakti.

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal humanity, 10(1).

Nusabali.com. (2016). 188 Guru di Karangasem Gagal Naik Pangkat .https://www.nusabali.com/berita/5574/188-guru-di-karangasem-gagal-naik-pangkat. Diakses tanggal 01 November 2022

Okenews. (2015). Menjiplak, 8.729 Guru Gagak Naik Pangkat.. https://edukasi.okezone.com/read/2015/08/28/65/1204273/menjiplak-8-729-guru-gagal-naik-pangkat, diakses tanggal 01 November 2022

Suara NTB. (2020). Kenaikan Pangkat, Guru Bayar Pelatihan Rp.2 juta. https://www.suarantb.com/2020/06/29/kenaikan-pangkat-guru-bayar-pelatihan-rp2-juta/. , diakses tanggal 01 November2022

Suara NTB. (2020). Naik Pangkat Banyak Oknum Guru diduga Lakukan Praktik Ilegal.. https://www.suarantb.com/2020/07/15/naik-pangkat-banyak-oknum-guru-diduga-lakukan-praktik-ilegal/ , diakses tanggal 01 November 2022

Biografi Penulis

Zulhan Widya Baskara, Universitas Mataram

Dina Eka Putri, Universitas Mataram

Nurul Fitriyani, Universitas Mataram

Nur Asmita Purnamasari, Universitas Mataram

Mustika Hadijati, Universitas Mataram

Lisa Harsyiah, Universitas Mataram

Desy Komalasari, Universitas Mataram

Fiyoni  Suyono, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).