Pendampingan dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Pendidikan Sejenis untuk Penguatan Profesionalime Guru SMAN 1 Mataram

Penulis

Anindita SHM Kusuma , Dewa Ayu Citra Rasmi , Baiq Sri Handayani , Tri Ayu Lestari , Eni Suyantri , Miftahul Aini , Baiq Resti Komalasari , Baiq Wahdini Yutama Sari

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5352

Diterbitkan:

2023-09-17

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pengabdian, Karya Ilmiah, PTK, Penelitian Pendidikan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusuma, A. S., Rasmi, D. A. C. ., Handayani, B. S. ., Lestari, T. A. ., Suyantri, E. ., Aini, M. ., … Sari, B. W. Y. . (2023). Pendampingan dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Pendidikan Sejenis untuk Penguatan Profesionalime Guru SMAN 1 Mataram . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 626–634. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5352

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Problem yang masih menjadi perhatian pemerintah terkait profesionalisme guru salah satunya adalah lemahnya guru dalam membuat karya tulis ilmiah. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permasalahan mitra yang diidentifikasi meliputi: 1) Sebagian besar guru merasa berat untuk mengurus kenaikan pangkat/golongan karena salah satu persyaratannya yaitu menulis karya ilmiah, 2) Guru kurang paham cara membuat karya ilmiah yang sesuai dengan standar yang baik dan benar, dan 3) Sebagian besar guru kesulitan untuk mulai menulis karya tulis ilmiah, 4) Guru kurang terlatih untuk dapat menghasilkan tulisan yang sesuai standar, 5) Sebagian besar guru tidak memahami bahwa ada penelitian Pendidikan lain selain PTK yang bisa mereka lakukan, 5) Guru tidak tahu bagaimana cara mempublikasikan karya ilmiah di jurnal yang terakreditasi. Berdasarkan hasil wawancara/analisis masalah maka diputuskan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada seluruh guru-guru di SMAN 1 Mataram tentang penulisan karya ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penelitian pendidikan sejenis untuk penguatan profesionalisme guru-guru di SMAN 1 Mataram. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara: memberikan peserta handout yang berisi materi pelatihan, memberikan materi pengabdian (Penelitian Tindakan Kelas, Jenis-jenis penelitian Pendidikan selain PTK, Cara menulis karya tulis ilmiah berupa laporan hasil penelitian, Cara menulis karya tulis ilmiah berupa artikel ilmiah), diskusi dan pendampingan penyusunan karya ilmiah, menyimpulkan hasil pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pemahaman guru cara menulis karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas (PTK) semakin baik dan pemahaman guru tentang penelitian Pendidikan lain selain PTK juga semakin baik dan gbeberapa guru tertarik untuk melakukan penelitian quasy eksperimen dan korelasional untuk kemudia disusun menjadi karya ilmiah yakni artikel. Saran rekomendasi yakni berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan adalah bahwa perlu adanya pendampingan yang lebih intens berkaitan dengan penyusunan karya ilmiah selain PTK karena sangat menarik, dan kegiatan pengabdian ini perlu dilanjutkan secara berkesinambungan

Referensi

Ary, D., Jacobs, L. C and Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education. Eight Edition. Canada: Nelson Education Ltd.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Methods in Educational Research: From Theory to Practice. California: Jossey-Bass.

Cresswel, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publication, Inc.

Cresswel, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Fifth Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Fraenkel, J. R & Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc. Graw-Hill Companies, Inc.

Gay, I. R., Mills, G. E., Airasian, P. W. (2012). Educational Reseach: Competencies for Analysis and Applications, Tenth Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Ebbutt, D. (1985). Educational action research: some general concerns and specific quibbles, in R. Burgess (ed.) Issues in Educational Research. Lewes: Falmer Press.

Elliott, J. (1991). Action Research for Educational Change. Buckingham: Open University Press.

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Fourth Edition. Glasgow: Bell and Bain Ltd.

Kemmis, S and McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Third Edition. Victoria: Deakin University Press.

Kurniawidi, D. W., Ardianto, T., Syamsuddin, Sudiarta, I. W., & Hudha, L. S. (2020). Artikel Ilmiah Sebagai Media Kenaikan Pangkat Guru MA – MTs di Pondok Pesantren Darul Aminin NW Aikmual Praya Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2)

Kusuma, A. S. H. M & Nurmawanti, I. (2023). Penelitian Tindakan Kelas: Sarana Peningkatan Profesionalisme Guru. Mataram: Penerbit P4I.

Leavy, P. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., Voegtle, K. H. (2006). Methods in Educational Research: from Theory to Practice. California: Jossey-Bass.

McNiff, J. (2002). Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.

McKernan, J. (1996). Curriculum Action Research, 2nd edn. London: Kogan Page.

Mertens, D. M. (2010). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods.California: SAGE Publications, Inc.

Mills, G. (2003). Action Research: A Guide for the Teachers Researcher. New Jersey: Prentice Hall.

Stringer, E. (2008). Action Research in Education, 2nd edition. Boston: Pearson Education.

Susilo, H., Chotimah, H., dan Sari, Y. D. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Tomal. D. R. (2003). Action Research for Educators. Maryland: The Scarecrow Press Inc.

Suara NTB. (2020). Kenaikan Pangkat, Guru Bayar Pelatihan Rp.2 juta. Diakses 22 November 2022. (online). https://www.suarantb.com/2020/06/29/kenaikan-pangkat-guru-bayar-pelatihan-rp2-juta/.

Suara NTB. (2020). Naik Pangkat Banyak Oknum Guru diduga Lakukan Praktik Ilegal. 22 November 2022. (online).

Biografi Penulis

Anindita SHM Kusuma, Universitas Mataram

Dewa Ayu Citra Rasmi, Universitas Mataram

Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram

Tri Ayu Lestari, Universitas Mataram

Eni Suyantri, Universitas Mataram

Miftahul Aini, University of Mataram

Baiq Resti Komalasari, Universitas Mataram

Baiq Wahdini Yutama Sari, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).