Pengembangan Produk Krepek Pisang Milenial untuk meningkatkan kapasitas UKM Krepek Pisang di Desa Batuyang, Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Sri Wahyulina , Serifudin , Muhamammad Ahyar , Embun Suryani , Armi Sulthon Fauzi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5397

Diterbitkan:

2023-09-28

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

KUBE; Kerepek Pisang; Pemberdayaan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wahyulina, S. ., Serifudin, Ahyar, M. ., Suryani, E. ., & Fauzi, A. S. . (2023). Pengembangan Produk Krepek Pisang Milenial untuk meningkatkan kapasitas UKM Krepek Pisang di Desa Batuyang, Kabupaten Lombok Timur . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 821–825. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5397

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Batuyang merupakan salah satu desa dari 15 (lima belas) desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.  Desa Batuyang merupakan salah satu desa dari 15 (lima belas) desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Dengan potensi alam dan geografis yang demikian besar, namun Desa Batuyang belum bisa mengelola potensi tersebut secara optimal dan berkelanjutan. Hal ini dilihat dengan masih banyaknya jumlah pengangguran dan penduduk yang tergolong pra sejahtera. Untuk itu, melalui kegiatan pengabdian ini akan dilakukan peningkatan kapasitas masyarakat Desa Batuyang dengan membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk mengolah kerepek pisang berbagai rasa dan juga produk-produk olahan berbasis potensi lokal Desa Batuyang untuk mendukung pengembangan pariwisata Desa Batuyang. Target yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah semakin meningkatnya kapasitas masyarakat Desa Batuyang, yang dilaksanakan dengan bermitra dengan Kelompok PKK Desa Batuyang. Untuk mencapai target tersebut, model pendekatan yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) yang menekankan keterlibatan masyarakat dalam keseluruhan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program. Kegiatan ini terdiri dari tiga kegiatan yaitu penyuluhan, demplot (demonstration plot), dan pendampingan pengolahan kerepek pisang milenial dan manajemen usaha. Kelompok sasaran dari kegiatan ini yaitu Kelompok PKK Desa Batuyang.

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2021. Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Angka 2021. BPS Nusa Tenggara Barat, Mataram

Departement Sosial RI. 2004. Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Fakir Miskin MelaluiKelompok Usaha Bersama Dan Lembaga Keuangan Mikro.Jakarta: Departement Sosial RI. Direktorat Jenderal Bantuan Jaminan Sosial Dan Direktorat. Bantuan Fakir Miskin.

Sumodiningrat, Gunawan. 2009. Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa.Elex Media Komputindo. Jakarta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).