Penerapan Konsep Zero Waste dalam Pengolahan dan Pengelolaan Sampah Plastik melalui Penguatan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Penulis

I Wayan Suteja , Hasyim , IAO Suwati Sideman , Rohani , Made Mahendara , Salehudin , Didi Supriyadi Agustawijaya

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5489

Diterbitkan:

2023-09-27

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Zero waste, Limbah plastik, Penyuluhan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suteja, I. W. ., Hasyim, Sideman, I. S. ., Rohani, Mahendara, M. ., Salehudin, & Agustawijaya, D. S. . (2023). Penerapan Konsep Zero Waste dalam Pengolahan dan Pengelolaan Sampah Plastik melalui Penguatan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 803–807. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5489

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sampah merupakan permasalahan kompleks yang dihadapi oleh berbagai negara didunia termasuk Indonesia, yang menduduki penghasil sampah nomor dua di dunia setelah China. Berbagai upaya penanganan telah dilakukan namun tetap saja jumlah sampah meningkat dikarenakan meningkatnya jumlah populasi dan standar gaya hidup yang semakin maju. Permasalahan pengelolaan dan pengolahan sampah khususnya sampah plastik ini dihadapi juga oleh Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, selain masalah banyaknya volume sampah, alternatif pengelolaan dan pengolahan sampah yang masih sederhana (membuang dan menimbun) masih sangat berbahaya bagi lingkungan. Penyadaran dan Penguatan Kelompok Swadya Masyarakat (KSM) dengan memberikan penyuluhan terkait pemanfaatan sampah khususnya sampah plastik untuk ecobrick (bak sampah plastik, kursi plastik dan perlengkapan lain dari sampah plastik) adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh civitas akademika Universitas Mataram dengan memberikan penyuluhan dalam mengolah sampah plastik untuk dijadikan barang yang bermanfaat. Beberapa Literatur dan contoh kerajinan Masyarakat disajikan untuk sebagai contoh pembuatan ecobrick agar dapat dipahami sejauh mana konsep zero waste dapat diterapkan dalam pengelolaan dan pengolahan sampah plastik. Masyarakat Desa Tanjung setelah mengikuti penyuluhan atau pelatihan sudah sangat memahami konsep zero waste, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil dari pemanfaatan limbah plastik.

Referensi

Andini, dkk. 2020. Strategi Pengolahan Sampah dan Penerapan Zero Waste di Lingkungan Kampus STKIP Kusuma Negara. Jurnal Citizenship Virtues. 2 (1) 273-281.

El Haggar, Salah. (2007). Sustainable Industrial Design and Waste Management. Elsevier Academic Press: United States of America.

Widiarti, I. 2012. Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero Waste†Skala Rumah Tangga Secara Mandiri. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. 4 (2) 101-113.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).