Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pelatihan Merek Dan Packaging Pada Usaha Jajanan Tradisional Di Desa Langko Kecamatan Lingsar.

Penulis

Siti Sriningsih , Siti Fatimah , Gusti Ayu Arini , Baiq Saripta Wijimulawiani , Irwan Suriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5495

Diterbitkan:

2023-11-08

Unduhan

Abstrak

Tujuan program ini adalah untuk membantu mitra dalam memahami tatacara, mekanisme dan proses mengajukan merek beserta atributnya pada suatu produk jananan tradisional agar terlihatBlebih baik, produk mudah diingat konsumen dan menarik bagi konsumen. Target khusus program PPM Kemitraan ini adalah penerapan tatacara dan mekanisme pengajuan merek beserta atributnya agar suatu produk mudah diingat oleh konsumen dan menjadikan produk jajanan tradisional menjadi produk yang packaging dengan baik dan menarik serta memiliki daya tahanByang baik bagi produk jajanan tradisional tersebut. Metode yang digunakan dalam mencapaiBtujuan kegiatan ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan tatacara, mekanisme dalam mengajukan merek beserta atributnya serta pelatihan dalam melakukan packaging yang baik dan menarik dengan Packaging yang kuat dan tidak mudah rusak. Kegiatan dari program PPM Kemitraan ini terdiri dari : (1) pelatihan tatacara, mekanisme dalam mengajukan merek dengan HAKI (2) Pelatihan packaging yang baik mulai dari pemilihan bahan packaging seperti plastik pembungkus makanan PE, perekatan Packaging agar produk jananan tradisional lebih kuat dan tidak mudah rusak. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakatini adalah adanya pemahaman pengusaha Jajanan tradisionaldi Desa Langko kecamatan Lingsar mengenai tatacara, mekanisme pemberian merek, kemasan dan packaging sehingga pengusaha Jajanan tradisional dapat menerapkan manejemen merek dan kemasan untuk keberlangsungan usaha mereka.

Kata Kunci:

Jajanan Tradisional, Merek, Packaging, Desa Langko, Kecamatan Lingsar.

Referensi

Kotler,Philip. 2001. Marketing management. MG Graw Hill. New York.USA

Gunarsa & Yuyun.A. 2011. Cerdas mengemas produk makanan dan minuman. Cetakan pertama. Agromedia Pustaka. Jakarta

Subanar.1998. Manajemen Usaha Kecil. Edisi Pertama. BPFE Universitas Gadjah Mada. Jogjakarta.

Umar, Husain. 2003.Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wijanarko & Susanto.Power Branding “membangun merek unggul dan organisasi pendukungnyaâ€. Cetakan pertama. Jakarta. Quantum bisnis dan manajemen (Mizan Publika).

Biografi Penulis

Irwan Suriadi, universitas mataram

Cara Mengutip

Sriningsih, S. ., Fatimah, S. ., Arini, G. A. ., Wijimulawiani, B. S. ., & Suriadi, I. (2023). Pelatihan Merek Dan Packaging Pada Usaha Jajanan Tradisional Di Desa Langko Kecamatan Lingsar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1039–1042. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5495