Pelatihan Merek Dan Packaging Pada Usaha Jajanan Tradisional Di Desa Langko Kecamatan Lingsar.

Penulis

Siti Sriningsih , Siti Fatimah , Gusti Ayu Arini , Baiq Saripta Wijimulawiani , Irwan Suriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5495

Diterbitkan:

2023-11-08

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Jajanan Tradisional, Merek, Packaging, Desa Langko, Kecamatan Lingsar.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sriningsih, S. ., Fatimah, S. ., Arini, G. A. ., Wijimulawiani, B. S. ., & Suriadi, I. (2023). Pelatihan Merek Dan Packaging Pada Usaha Jajanan Tradisional Di Desa Langko Kecamatan Lingsar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1039–1042. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5495

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan program ini adalah untuk membantu mitra dalam memahami tatacara, mekanisme dan proses mengajukan merek beserta atributnya pada suatu produk jananan tradisional agar terlihatBlebih baik, produk mudah diingat konsumen dan menarik bagi konsumen. Target khusus program PPM Kemitraan ini adalah penerapan tatacara dan mekanisme pengajuan merek beserta atributnya agar suatu produk mudah diingat oleh konsumen dan menjadikan produk jajanan tradisional menjadi produk yang packaging dengan baik dan menarik serta memiliki daya tahanByang baik bagi produk jajanan tradisional tersebut. Metode yang digunakan dalam mencapaiBtujuan kegiatan ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan tatacara, mekanisme dalam mengajukan merek beserta atributnya serta pelatihan dalam melakukan packaging yang baik dan menarik dengan Packaging yang kuat dan tidak mudah rusak. Kegiatan dari program PPM Kemitraan ini terdiri dari : (1) pelatihan tatacara, mekanisme dalam mengajukan merek dengan HAKI (2) Pelatihan packaging yang baik mulai dari pemilihan bahan packaging seperti plastik pembungkus makanan PE, perekatan Packaging agar produk jananan tradisional lebih kuat dan tidak mudah rusak. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakatini adalah adanya pemahaman pengusaha Jajanan tradisionaldi Desa Langko kecamatan Lingsar mengenai tatacara, mekanisme pemberian merek, kemasan dan packaging sehingga pengusaha Jajanan tradisional dapat menerapkan manejemen merek dan kemasan untuk keberlangsungan usaha mereka.

Referensi

Kotler,Philip. 2001. Marketing management. MG Graw Hill. New York.USA

Gunarsa & Yuyun.A. 2011. Cerdas mengemas produk makanan dan minuman. Cetakan pertama. Agromedia Pustaka. Jakarta

Subanar.1998. Manajemen Usaha Kecil. Edisi Pertama. BPFE Universitas Gadjah Mada. Jogjakarta.

Umar, Husain. 2003.Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wijanarko & Susanto.Power Branding “membangun merek unggul dan organisasi pendukungnyaâ€. Cetakan pertama. Jakarta. Quantum bisnis dan manajemen (Mizan Publika).

Biografi Penulis

Irwan Suriadi, universitas mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).