Upaya Meningkatkan Pendapatan Kelompok Ternak Lembu Rizki Melalui Branding dan Modernisasi Pengolahan Susu Pada Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat

Penulis

Siti Rahmawati Zulaikhah , Indah Sulistiyawati , Adityo Nugroho

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5509

Diterbitkan:

2023-11-03

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Branding, Modernisasi, Pengolahan Susu, Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat, Kelompok Ternak

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zulaikhah, S. R., Sulistiyawati, I. ., & Nugroho, A. . (2023). Upaya Meningkatkan Pendapatan Kelompok Ternak Lembu Rizki Melalui Branding dan Modernisasi Pengolahan Susu Pada Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 925–930. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5509

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract: Kelompok Ternak Lembu Rizki berada di Desa Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.  Permasalahan yang ada di kelompok itu adalah a) Rendahnya harga jual susu di koperasi, b) Peternak belum mempunyai teknologi pengolahan susu, c) Sumber daya manusia yang terbatas, sehingga kesulitan di bidang produksi dan pemasaran. Solusi yang ditawarkan adalah 1) Penjualan dalam bentuk olahan susu, 2) Transfer diversifikasi teknologi pengolahan susu berupa susu pasteurisasi aneka rasa dan yoghurt, 3) Pemberdayaan anggota keluarga, dan pemasaran menggunakan digital marketing. Tujuan umum kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat ini adalah a) memberikan solusi berbasis pada analisis situasi sesuai kebutuhan, tantangan atau persoalan yang ada di kelompok ternak Lembu Rizki, b) memberdayakan kelompok ternak Lembu Rizki dalam meningkatkan taraf kehidupannya baik dari segi ekonomi, sosial dan budaya,c) melakukan alih teknologi, ilmu dan seni untuk pengembangan kelompok ternak. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan sasaran tentang pengolahan  susu menjadi susu pasteurisasi aneka rasa dan yoghurt, mengetahui pentingnya pengemasan dan labelling untuk branding produk, dan pemasaran dengan digital.

Keywords: Branding, Modernisasi, Pengolahan Susu, Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat, Kelompok Ternak

Referensi

Setyowati L, Wulandari B, Ahsana A., 2019. Meningkatkan Usaha Industri Rumah Tangga Olahan Susu Segar Aneka Rasa di kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan Melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus. J Vok@asindo;7(2):65–87.

Wanniatie V, Z. Hanum, 2015. Kualitas Susu Pasteurisasi Komersil. Agripet; 15(2) : 92–7.

Zulaikhah S.R., Fitria R., 2020. Pengaruh Penambahan Sari Buah Pisang Ambon (Musa paradisiaca) sebagai Perisa Alami terhadap Warna, Total Padatan Terlarut dan Sifat Organoleptik Yogurt. J Sain Peternak Indonesia;15(4) : 434–40.

Zulaikhah SR, Sidhi AH, Ayuningtyas LP., 2021. Pengaruh penambahan Gula Kelapa Kristal Terhadap pH, Total Asam dan Kadar Sukrosa Yogurt Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus). J Sains Peternakan; 9(2) : 67–71.

Biografi Penulis

Siti Rahmawati Zulaikhah, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).