Pemberdayaan Masyarakat Peternak Kambing Melalui Disemenasi Feed Additive Daun Gamal di Desa Klungkung, Kabupaten Jember

Penulis

Evita Soliha Hani , Julian Adam Ridjal , Ratih Apri Utami , Indah Ibanah , Roni Yulianto , Laily Ilman Widuri , Fariz Kustiawan Alfarisy

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5560

Diterbitkan:

2023-11-02

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

bahan pakan tambahan, ruminansia, pengabdian, teknologi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Soliha Hani, E., Ridjal, J. A. ., Utami, R. A. ., Ibanah, I., Yulianto, R. ., Widuri, L. I. ., & Alfarisy, F. K. . (2023). Pemberdayaan Masyarakat Peternak Kambing Melalui Disemenasi Feed Additive Daun Gamal di Desa Klungkung, Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 919–924. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5560

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Keamanan pangan menjadi salah satu isu nasional yang masih menjadi perhatian, termasuk dalam kegiatan produksi ternak yang berkualitas. Permasalahan yang terjadi saat ini, produksi ternak yang berkualitas masih belum optimal dicapai salah satunya karena perihal kualitas pakan ternak yang rendah dan adanya perubahan iklim yang mempengaruhi ketersediaan pakan yang cukup. Teknologi penambahan feed additive pada pakan ternak menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatan produksi pakan yang berkualitas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat peternak melalui diseminasi tentang teknologi feed additive pakan dan peran daun gamal sebagai bahan feed additive pakan ternak. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Tahapan kegiatan yang dilakukan yakni sosialisasi dan penyuluhan tentang teknologi feed additive dari daun gamal untuk produksi pakan. Post test dan pre test diberikan untuk menilai pemahaman peternak terhadap daun gamal sebagai feed additive. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan Masyarakat dari 20% menjadi 100%. Bentuk implementasi kegiatan pemberdayaan Masyarakat dilakukan dengan praktek pembuatan pakan ternak dengan feed additive daun gamal. Kegiatan pengabdian berjalan lancar yang diindikasikan dengan peran serta aktif masyarakat dalam diskusi dan juga aktivitas praktek pembuatan pakan ternak.

 

Referensi

Addawiyyah, N.R., Ayuningsih, B., Budiman, A. dan Hernaman, I. 2021. Produksi Gas pada Ransum Domba Berbasis Rumput Gajah cv Mott dan Leguminosa Pohon. Jurnal Sumber Daya Hewan, (2)2, 30-34.

Afrijon, A., Andika, R. dan Maulana, F. 2023. Kendala Pengembangan Ternak Sapi Potong di Kenagarian Batang Gasan Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), (25)2,222-232.

Alfauzi, R.A. dan Hidayah, N. 2021. Potensi Gulma Kirinyuh (Chromolaena odorata) Sebagai Agen Pereduksi Gas Metan Ternak Ruminansia. In Prosiding Seminar Teknologi Agribisnis Peternakan (Stap) Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman .Vol. 8, hal 361-369.

Fauziyah, E. 2020. Model Reduksi Risiko Kountur Berdasarkan Perilaku Petani Jagung di Pulau Madura Analisa Kebijakan Pertanian., (18)1, 25–40.

Herliatika, A dan Widiawati, Y. 2021. Mitigation of Enteric Methane Emission through Feed Modification and Rumen Manipulation. Indonesian Bulletin of Animal and Veterinary Sciences, (31)1. 1-12.

Lawa, E. D., Lazarus, E. J. L and Kore, M. A. H. .2021. Kombinasi Daun Gamal (Gliricidia sepium) dan Daun Papaya (Carica papaya) dalam Ransum Ternak Kambing Kacang Jurnal Nukleus Peternakan , (8)2, 75-82.

Michalak,M., Wojnarowski,K., Cholewińska,P., Szeligowska, N., Bawej,M., and Pacoń,J. 2021. Selected Alternative Feed Additives Used to Manipulate the Rumen Microbiome, Animals. an Open Access J. from MDPI, (11)6,15-42.

Rosani, U. 2021. Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Feed Additive Pada Ternak Ruminansia Dengan Vosviewer, Jurnal Nutrisi Ternak Tropis dan Ilmu Pakan, (3)3, 106-115.

Tahuk, P. Klau D. Gerson, dan F. Bira, Pelatihan pembuatan silase gamal (Gliricida sepium) dalam mengatasi kekurangan pakan di Desa Kuaken Kecamatan Noemuti Timur Kabupaten TTU. Bakti cendana, (4)1, 44-51.

Rusdiana, S dan Maesya, A. 2017. Pertumbuhan Ekonomi dan Kebutuhan Pangan di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Agriekonomika. (6)1,12-25

Rusdiana, S. dan Soeharsono, S. 2019. Upaya Pencapaian Daya Saing Usaha Sapi Perah Melalui Kebijakan Pemerintah dan Peningkatan Pendapatan Peternak. Agriekonomika, (8),36-50.

Solikin, N., Yuniati, E. dan Sugiono, S. 2019. Kontribusi Perguruan Tinggi Tehadap Kemajuan dan Peningkatan Ekonomi Peternak (Studi Kasus di Desa Ngino Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri). Jurnal Ekuivalensi, (5)2,160-173.

Suhardiani, R.A., Wirapribadi, L., Poerwoto, H., Andriati, R., Ashari, M. dan Hidjaz, T. 2023. Meningkatkan Bobot Lahir Melalui Perbaikan

Tatalaksana Pakan Ternak Kambing di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, (6)2,341-345.

Tahuk, P.K dan Bira, G.F. 2021. Pelatihan pembuatan silase gamal (Gliricida sepium) dalam mengatasi kekurangan pakan di Desa Kuaken Kecamatan Noemuti Timur Kabupaten TTU. Bakti cendana, (4)1.44-51.

Zullaikah, S., Jannah, A., Pramujati, B., Nugroho, E. and Haryanto, H. 2021. Teknologi Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Murah dan Mudah Berbasis Limbah Pertanian yang Ramah Lingkungan. Sewagati, (5)2, 112-117.

Biografi Penulis

Evita Soliha Hani, Fakultas Pertanian Universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).