Pelatihan Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Dengan Metode 3P (Pembersihan, Pembuatan, dan Penjualan) di Desa Banjar Kemuning

Penulis

Ridwan Maf'ul Muttaqin , Lestari , Arif Wicaksono , Ilvi Nur Widiana , Siti Asnifa , Masyitah Noviyanti , M. Mustaqim

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5566

Diterbitkan:

2023-11-03

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Cangkang kerang, Pembersihan, Pembuatan, Penjualan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muttaqin, R. M. ., Lestari, Wicaksono, A., Widiana, I. N. ., Asnifa, S. ., Noviyanti, M., & M. Mustaqim. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Dengan Metode 3P (Pembersihan, Pembuatan, dan Penjualan) di Desa Banjar Kemuning. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 931–937. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5566

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Artikel ini menjelaskan potensi dan pemanfaatan limbah cangkang kerang dengan pelatihan 3P (Pembersihan, Pembuatan, dan Penjualan) sebagai alternatif pembuatan aneka kerajinan dekoratif. Limbah cangkang kerang yang selama ini diabaikan, ternyata memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam berbagai industri. Artikel ini berfokus pada langkah-langkah praktis dalam mengintegrasikan konsep 3P dalam pengelolaan limbah ini. Selain mengurangi limbah cangkang kerang, cangkang kerang juga dapat meningkatkan perekonomian karena memiliki nilai estetika dan nilai ekonomis. Pada tahap Pembersihan, dilakukan upaya pembersihan dan pemilahan cangkang kerang dari material lain. Langkah ini penting dilakukan untuk menjamin kualitas bahan baku yang dihasilkan. Selanjutnya, pada tahap pembuatan, kerang-kerang tersebut memasuki proses perakitan untuk menghasilkan produk kerajinan. Tahap terakhir adalah menjual produk kerang secara online dan e-commerce. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah ibu-ibu PKK di Desa Banjar Kemuning.

Referensi

Abubakar, S., Kadir, M. A., Serosero, R. H., Subur, R., Widiyanti, S. E., Susanto, A. N., Rina, & Asrining, R. T. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Untuk Produk Kerajinan Tangan Masyarakat Pesisir. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 42–49.

Abubakar, S., Kadir, M. A., Wibowo, E. S., Subur, R., Susanto, A. N., Rina, Sunarti, Abubakar, Y., Sabar, M., Widiyanti, S. E., & Salim, F. D. (2022). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Cenderamata Wisata di Keluruhan Tobololo Kota Ternate. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 39–48.

Agustini, T. W., Fahmi, A. S., Widowati, I., & Sarwono, A. (2011). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Simping (Amusium Pleuronectes) dalam Pembuatan Cookies Kaya Kalsium. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 14(1).

Islamiyah, S. Al, Azis, R., & Engelen, A. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Menjadi Cinderamata. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(1), 1–3.

Muiner, M. T., Ishak, E., Bahtiar, Purnama, M. F., Permatahati, Y. I., Fekri, L., & Effendy, I. J. (2022). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Guna Meningkatkan Keterampilan Istri Nelayan di Kelurahan Lapulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Meambo, 1(2), 128–135.

Munier, M. T., Ishak, E., Bahtiar, Purnama, M. F., Permatasari, Y. I., Fekri, L., & Effendy, I. J. (2022). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Guna Meningkatkan Keterampilan Istri Nelayan di Kelurahan Lapulu. Jurnal Pengabdian Masyarkat Maembo, 1(October), 128–135.

Ridho, R., Swandari, M. T. K., & Issusilaningtyas, E. (2017). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Kijing (Pilsbryoconcha exilis) dalam Meningkatkan Perekonomian Warga Desa Bulupayung-Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.1.17-23

Sibagariang, D. I. S., & Priani, N. K. (2021). Pendidikan Lingkungan Melalui Pengolahan Limbah Cangkang Kerang di Desa Kuala Indah, Kabupaten Batu Bara. 2, 6–9.

Supriadi, N., & Jamaludim, W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Desain Kerajinan Kulit Kerang untuk Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga. Jurnal Panrita Abdi, 5(1), 41–50.

Tioris, F., & Elvi, D. (2018). Pemanfaatan Limbah Kulit Kerang sebagai Elemen Dekorasi Ruang. Seminar Nasional Seni Dan Desain: Konvergensi Keilmuan Seni Rupa Dan Desain Era 4.0, 0–7.

Utami, P. P., Vioreza, N., Nugraha, D. C., Putri, A., & Arihati, B. (2019). PKM Kelompok UMKM Kerajinan Tangan Unik Laut. Abadimas Adi Buana, 03(1), 49–56.

Biografi Penulis

Arif Wicaksono, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).