Pengembangan Usaha Pembibitan Ayam Kampung di Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Maskur , Tapaul Rozi , Rahma Jan , L. Kasip , Muhammad Muhsinin

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5576

Diterbitkan:

2023-11-06

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Ayam buras, produksi, bibit, kualitas dan kontinyu

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Maskur, Rozi, T., Jan, R., Kasip, L. ., & Muhsinin, M. . (2023). Pengembangan Usaha Pembibitan Ayam Kampung di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5576

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ayam buras merupakan potensi di daerah yang tersebar diseluruh Indonesia, khususnya di daerah pedesaan. Jenis unggas ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis unggas lainnya yaitu : mudah dipelihara, cepat beradaptasi dengan lingkungan dan umumnya tahan terhadap penyakit tertentu, peluang pasar masih terbuka lebar, dan dapat dilaksanakan dengan modal terbatas. Namun demikian, usaha ayam buras ini masih sulit ditingkatkan karena selain keterbatasan modal, ketersediaan bibit ayam buras masih sulit diperoleh secara berkelanjutan. Penyuluhan dan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan peternak agar dapat memproduksi bibit ayam yang berkualitas sehingga tersedia secara kontinyu dan  mampu memilih induk yang baik untuk bibit. Pelatihan dilakukan di Desa denggen Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur pada tanggal 22 Juli 2023. Hasil penyuluhan dan pelatihan menunjukkan bahwa peternak dapat memahami teknik menghasilkan bibit berkualitas yang ditunjukkan dengan keterampilan pada saat pelatihan. Peternak juga menunjukkan respon yang sangat baik dan sangat antusias mengikuti praktek serta banyaknya pertanyaan yang diajukan selama ceramah dan pelatihan.

Referensi

Anonim, 1986. Tata Laksana Pemeliharaan Ayam buras, Beberapa Cara Pengawetan Telur Konsumsi Dan inseminasi Buatan. Laporan Penelitian. Fakultas. Peternakan Universitas Mataran.

Bambang, AM., D., Sarwono B., 1986 Telur Pengawetan Dan Manfaatnya. Penebar Swadaya.

Darma,W. dan Sitanggang,M. 2002, Meningkatkan Produktivitas Ayam Buras Petelur, Agromedia Pustaka, Jakarta

Indarto, 1986 Penetasan. Diktat Kuliah Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

North, M. O., 1984 Commercial Chicken Produktion Manual. Avi Publishing Company, Third Edition, California.

Rasyaf, M., 1984 Ayam Kampung Pengelolaan Penetasan. Yayasan Kanisius

Soestroamidjojo Dan Soedarji, 1978, Teknik Beternak Ayam Kampung Di Indonesia. Peternakan Umum. Yasa Guna, Jakarta.

Triharyanto,B. 2001, Beternak Ayam Buras, Kanisius, Jakarta

Widodo, W. Dan Lukman., 1981 Pemuliaan Ternak. Penerbit, Universitas Brawijaya, Malang.

Wiharto, 1986 Petunjuk Peternakan Ayam. Lembaga Penerbitan, Unuversitas Brawijaya, Malang.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).