Peningkatan Produksi Ayam Kampung Berbasis Pemuliaan Ternak di Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Rahma Jan , Maskur , L. Kasip , Tapaul Rozi , Muhammad Muhsinin

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5578

Diterbitkan:

2023-11-03

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Bibit, Induk, Memilih, Memproduksi Dan Produktivitas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jan, R. ., Maskur, Kasip, L. ., Rozi, T. ., & Muhsinin, M. . (2023). Peningkatan Produksi Ayam Kampung Berbasis Pemuliaan Ternak di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 938–942. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5578

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penyuluhan dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peternak agar dapat memproduksi bibit ayam yang berkualitas sehingga tersedia secara kontinyu dan  mampu memilih induk yang baik untuk bibit. Pelatihan dilakukan di Desa denggen Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur pada tanggal 22 Juli 2023. Hasil penyuluhan dan pelatihan menunjukkan bahwa peternak dapat memahami teknik menghasilkan bibit berkualitas yang ditunjukkan dengan keterampilan pada saat pelatihan. Peternak juga menunjukkan respon yang sangat baik dan sangat antusias mengikuti praktek serta banyaknya pertanyaan yang diajukan selama ceramah dan pelatihan. Peternak menyadari bahwa produktivitas ayam kampung  secara garis besar dapat ditingkatkan dengan dua cara yaitu perbaikan mutu genetik bibit dan perbaikan pengelolaan.

 

Referensi

Badarsyah dan Zamrowi 1992, Budidaya dan Pelestarian Ayam Buras. Arikha Media Cipta. Jakarta

Hardjosubroto, W. 1994. Aplikasi Pemuliaan Ternak di Lapangan. Grasindo Jakarta

Jull, M.A. 1949. Poultry Husbandary (3th Ed). Mc Graw-Hill Brook Company. Inc. United State of Amerika

Kingston D.J. 1994. Peranan Ayam berleiaran di Indonesia. Dalam Gilchrist. PT. M. Wadzicka and S Sutherland (eds) Improve Village Chicken Prodctivity. Universitas Udayana Bali Indonesia

Lestari, Jan R, Prastyo R, Rozi, T 2015. Fenotip dan Genotip hormone Ayam Kampung dalam rangka Pembentukan Galur Baru Ayam Lombok. Lapotan Penelitian Univesitas Mataram

Murhijanto B, 1993. 7 langkah Beternak Ayam Buras. Arkola Surabaya

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).