Promosi Dan Pemasaran Dalam Pengembangan Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Desa Jango Kecamatan Janapria

Penulis

Raodatul Jannah , Baiq Gina Yuliandari Putri , Samsudin Samsudin , Yuan Adria Rahman , Nuriadi Nuriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.558

Diterbitkan:

2021-01-08

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Promosi, Pemasaran, Pengembangan Taman Wisata Edukasi Jabal Ramah, Desa Jango,

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jannah, R., Putri, B. G. Y., Samsudin, S., Rahman, Y. A., & Nuriadi, N. (2021). Promosi Dan Pemasaran Dalam Pengembangan Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Desa Jango Kecamatan Janapria. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.558

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan suatu negara. Kegiatan promosi dan pemasaran tentunya menjadi hal yang penting untuk memperkenalkan obyek wisata kepada masyarkat luas. Penggunaan pamflet dan video promosi secara online kemudian banyak dilakukan oleh pengelola tempat wisata. Disamping banyaknya lapisan masyarakat yang dapat dijangkau biaya yang dibutuhkan untuk melakukan promosi ini juga terlibang sangat murah, hanya bermodalkan kuota dan akun sosial media kita sudah bisa melakukan kegiatan promosi. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu promosi taman wisata edukasi Jabal Rahmah desa Jango, kecamatan Janapria, kabupaten Lombok Tengah. Dari program ini diharapkan dapat membantu pengembangan taman wisata edukasi Jabal Rahmah, selain itu dengan program ini diharapkan pengelola taman wisata edukasi Jabal Rahmah lebih kreatif dalam melakukan kegiatan promosi. Program ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan pengolahan data dianalisis dengan cara penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari program ini adalah bertambahnya pengunjung yang dating ke taman wisata edukasi Jabal Rahmah serta bervariasinya teknik promosi yang digunakan oleh pengelola taman wisata edukasi Jabal Rahmah

Referensi

Kurniawan, Gilang W. 2015. Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia.

Tauhid Inomics no.1 vol. 1, hal:73-80

Setiawan, Johan dan Anggito, Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Biografi Penulis

Raodatul Jannah, Universitas Mataram

Baiq Gina Yuliandari Putri, Universitas Mataram

Yuan Adria Rahman, Universitas Mataram

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).