Pemanfaatan Hasil Pengembangan Instrumen Untuk Penilaian Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v4i1.560Diterbitkan:
2021-01-15Terbitan:
Vol 4 No 1 (2021)Kata Kunci:
Pengembangan Instrumen, Literasi Sains, IPA, SMPN 2 MataramArtikel
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Literasi harus menjadi prioritas tujuan pendidikan karena memegang peranan penting dalam perkembangan kehidupan sehari-hari untuk itu pengukuran kemampuan berpikir kritis dan literasi sains menjadi sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Mataram yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan rangking sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi Sains Peserta Didik SMPN 2 dikategorikan tinggi yaitu dengan skor rata-rata 75,95 untuk kelas VII dan skor rata-rata 73,01 untuk kelas VIII yang diukur menggunakan instrumen penilaian literasi sains.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekan Praktik). Yokyakarta: Rineka Cipta
Bass, J., Contant,T. and Carin, A. (2009). Teaching Scienceas Inquiry (Eleventh Edition). United States of America: Pearson Education
Barrett, Terry. (2017). A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA): 5-9
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains (modal dasar menjadi guru profesional). Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Merta, W., Artayasa, P., Lestari, K., N. dan Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA: 223-228
OECD-PISA. (2015). Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD
Snow, C. E., and Dibner, A. K. (2016). Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/23595.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.
Biografi Penulis
Sari Hidayani, Universitas Mataram
Jamaluddin Jamaluddin, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).