Diseminasi Long Range (LoRa)Sebagai Perangkat Nirkabel Pada Jaringan Lokal Internet Of Things di SMK 2 Praya Lombok Tengah

Penulis

Djul Fikry , Misbahuddin , M. Syamsu Iqbal , A. Sjamsjiar Rachman , Lalu Ahmad S. Irfan Akbar , Giri Wiriasto

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5606

Diterbitkan:

2023-06-24

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Internet of Things, LoRa, SMK

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fikry, D. ., Misbahuddin, Iqbal, M. S. ., Rachman, A. S. ., Akbar, L. A. S. I., & Giri Wiriasto. (2023). Diseminasi Long Range (LoRa)Sebagai Perangkat Nirkabel Pada Jaringan Lokal Internet Of Things di SMK 2 Praya Lombok Tengah . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 464–467. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5606

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Internet of Things atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan wujud perkembangan teknologi internet yang memungkinkan setiap barang (things) yang dimiliki dapat terhubung ke internet sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone atau bahkan dengan perintah suara. Saat ini pemerintah sedang giat mengembangkan teknologi IoT untuk mendukung penerapan konsep Smart City. Salah satu himbauan pemerintah adalah meminta peran generasi muda khususnya yang berada pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengenal, mempelajari dan mengimplementasikan produk IoT yang mampu bersaing pada era globalisasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, para guru dan siswa SMKN 2 Praya Tengah, belum mengerti mengenai IoT. Pengetahuan dan kompetensi IoT juga masih dirasa sangat rendah dikarenakan kurikulum belum secara langsung mengakomodir pada pembelajaran IoT. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi di kalangan siswa terutama tentang IoT, diperlukan pelatihan bagi guru dan siswa SMKN 2 Praya Tengah terutama yang memiliki kompetensi Elektronika. Pelatihan dilakukan dengan memberikan ceramah mengenai IoT dan komunikasi LoRa, dilanjutkan dengan pengenalan dan perakitan modul penggunaan LoRa berbasis IoT. Dengan Pelatihan tersebut, para guru dan siswa khususnya kompetensi elektronika, mengerti dan memahami pemanfaatan IoT serta mampu mengimplementasikan IoT menggunakan jaringan komunikasi LoRa..

Referensi

Chandra, R. N. (2014). Internet Of Things Dan Embedded System Untuk Indonesia. Surya University: Serpong.

Sulistyanto, M. P. T. (2015). Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang. SMARTICS Journal, 1(1), 20-23

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).