Penyuluhan Teknik Budidaya Ikan Menggunakan Keramba Jaring Apung di Danau Lebo Kabupaten Sumbawa Barat

Penulis

Zaenal Abidin , Rangga , Andre , Nunik Cokrowati , Jami'atul Auliah , A Rahman , Damai Diniariwisan , Muhammad Sumsanto , Thoy Batun Citra Rahmadani , Wastu Ayu Diamahesa

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5713

Diterbitkan:

2023-11-04

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Budidaya ikan nila, Danau Lebo, Keramba jaring apung

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Abidin, Z., Affandi, R. I. ., Scabra, A. R., Cokrowati, N., Auliah, J., Rahman, A., … Ayu Diamahesa, W. (2023). Penyuluhan Teknik Budidaya Ikan Menggunakan Keramba Jaring Apung di Danau Lebo Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 940–944. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5713

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode penyuluhan yang disertai dengan demonstrasi. Kegiatan diikuti oleh 42 orang peserta yang berasal dari daerah di sekitar danau Lebo Meraran. Kegiatan penyuluhan dan demonstrasi dilakukan di daerah pinggir danau. Materi penyuluhan yang disampaikan adalah tentang teknik pembuatan keramba, dan teknik budidaya di keramba jaring apung. Sebagai bahan demonstrasi maka disediakan miniatur keramba jaring apung yang dibuat dengan skala sebenarnya untuk ditampilkan pada saat kegiatan berlangsung. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini yang dibuktikan dengan keaktifan para peserta untuk berdiskusi secara terarah tentang topik yang disampaikan oleh pemateri. Hasil dari evaluasi yang dilakukan melalui tes tanya jawab secara langsung diketahui bahwa para peserta dapat mengerti tentang materi yang disampaikan serta berkeinginan untuk mengimplementasikan kegiatan budidaya ikan di keramba.

Referensi

Diarta, M. I., Merawati, K. L., Pramandari, P. Y. 2016. Model Optimal Usaha Pembesaran Ikan Nila Sistem Keramba Jaring Apung di Danau Batur Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 29 - 30 Agustus, 1062–1069. Denpasar.

Gandhi, P., Tanjung, D. 2022. Kelayakan Finansial dan Jaringan Sosial pada Keramba Jaring Apung, Haranggaol, Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuatik Lestari, 5(2), 66–72. https://dx.doi.org/10.31629/akuatiklestari.v5i2.4249.

Kurniawan, A., Syaputra D., Irvani. 2023. Evaluasi Kualitas Air untuk Budidaya Ikan Nila Sistem Keramba Jaring Apung di Universitas Bangka Belitung. Journal of Aquactopica Asia 8(2): 1-4. https://www.researchgate.net/publication/ 373192985_evaluasi_kualitas_air_untuk_budidaya_ikan_nila_sistem_keramba_jaring_apung_di_universitas_bangka_belitung_evaluation_of_water_quality_for_the_nile_fish-floating_net_cage_aquaculture_system_at_bangka_b#fulltextfilecontent

Idris Affandi, R., Abidin, Z., Rachmat Scabra, A., Maria Ulfa, A., Alim, S., Muahiddah, N., Dwiyanti, S., Asri, Y.2023. Peningkatan Kapasitas Produksi Ikan Air Tawar Melalui Manajemen Padat Tebar dan Manajemen Pemberian Pakan di Sekitar Danau Lebo, Taliwang, Sumbawa Barat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2620–2627. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6485

Philipose, K. K., Loka, J., Sharma, S. R., & Divu, D. (2012). Handbook on Opensea Cage Culture. Central Marine Fisheries Research Institute. Karwar Research Center: Uttara Kannada.

Reksalegora, O. 1979. Fish cage culture in the town of Jambi, Indonesia. Proceedings of the International Workshop on Pen Cage Culture of Fish, 11-22 February. 51-53. Tigbauan, Iloilo, Philippines.

Wahyuni, T. E. 2019. Lebo Taliwang, Penyangga Kehidupan yang Perlu Pemulihan. Warta Konservasi Lahan Basah, 27(2), 1–23. https://indonesia.wetlands.org/wp-content/uploads/sites/6/dlm_uploads/2020/10/WKLB-Vol.-27-No.-2-Juni-2019.pdf

Biografi Penulis

Zaenal Abidin, Mataram university

Rangga, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Andre, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Jami'atul Auliah, 2Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Universitas Cordova

A Rahman, Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Universitas Cordova

Damai Diniariwisan, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Muhammad Sumsanto, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Thoy Batun Citra Rahmadani, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Wastu Ayu Diamahesa, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).