Pelatihan Pengembangan Instrumen Prior Knowledge Bagi Guru-Guru IPA di SMAN 1 Lembar
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i4.5791Diterbitkan:
2023-11-09Terbitan:
Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023Kata Kunci:
Pelatihan, Instrumen Tes, Prior Knowledge, Guru IPAArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Salah satu aspek penting yang jarang diperhatikan oleh para pendidik dalam menyusun rencana pembelajaran adalah pengetahuan awal (Prior Knowledge) peserta didik. Prior Knowledge (PK) adalah struktur kognitif awal yang ada dalam diri setiap peserta didik yang selanjutnya digunakan untuk beradaptasi dan terus mengalami perkembangan. semakin lengkap pengetahuan awal atau skema seseorang tentang topik tertentu, maka mereka akan semakin cepat memproses informasi baru dan melihat lebih banyak hubungan abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan pelatihan pengembangan instrumen PK bagi guru-guru IPA di SMAN 1 Lembar. Kegiatan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2023 dan diikuti oleh 18 peserta yang merupakan guru-guru mata pelajaran IPA di SMAN 1 Lembar. Kegiatan dilakukan dalam 4 (empat) tahapan utama yaitu; (1) penyampaian materi; (2) Latihan pengembangan instrumen tes PK; (3) tanggapan dan evaluasi; dan (4) Pemberian karya dosen. Hasil pelatihan memperlihatkan bahwa sebanyak 100% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini memberi manfaat dan dapat menambah wawasan peserta terkait instrumen tes PK ini. Sebanyak 100% peserta berkeinginan untuk mengembangkan instrumen prior knowledge karena yakin dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh kegiatan pelatihan terlaksana dengan baik.
Referensi
Anggraena, Y, Ginanto, D, Felici, N; & Andriati, H I. (2022). Pembelajaran dan
Penilain. Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75.
Budyartati, S. (2016). Tes Kognitif Diagnostik Untuk Mendeteksi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(01), 40–50. https://doi.org/10.25273/pe.v1i01.34
Dochy, F. & Alexander, P.A. (1995). Mapping Prior Knowledge a Framework for Discussion among Researchers. Europe Journal of Psychology of Education, 10(3): 225-242.
Hasanuddin, M I (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains 2(2):217-232
Hikmah, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Pengetahuan Awal Peserta didik terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta didik. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 9–16
Jonassen, D. H., & Grabowski, B. L. (1993). Handbook of individual differences, learning, and instruction. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Lestari, D. N., & Suliyanah. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 157–165. Retrieved from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34077/30382
Maulidya, S. R., & Saputri, N. I. (2016). Mengapa Peserta didik Menghadapi Kesulitan dalam Belajar Matematika? Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 2016, 475–480.
Susilo, S. V. (2016). Metode Pembelajaran Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 150–167.
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.
Biografi Penulis
Ahmad Busyairi, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).