Penyuluhan Pelatihan Dan Pendampingan Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Pestisida Nabati

Penulis

La Ode Santiaji Bande , Muhaimin Hamzah , Weka Gusmiarty Abdullah , Putu Arimbawa , Ahid Hidayat , Indrawati Indrawati , Saiful Nur Cholik , Misdawati , Mayang Sari , Samsinar

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5811

Diterbitkan:

2023-11-06

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Pestisida Nabati, Tanaman Kakao

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Bande, L. O. S. ., Hamzah, M. ., Abdullah, . W. G. ., Arimbawa, P. ., Hidayat, A. ., Indrawati, I., … Samsinar. (2023). Penyuluhan Pelatihan Dan Pendampingan Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Pestisida Nabati. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 975–979. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5811

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kelompok Tani Tunas Mekar di Desa Tumbudadio, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur. Terletak di Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Konawe. Letaknya yang berada di dataran tinggi (750 mdpl) memiliki potensi yang baik untuk budidaya tanaman perkebunan tanaman kakao.  Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh kelompok tani yaitu adanya organisme pengganggu tanaman (OPT). Pengendalian yang biasa dilakukan petani kakao hingga saat ini dengan menggunakan pestisida kimia yang di jual di pasaran. Mahasiswa KKN Tematik Universitas Halu Oleo 2023 memberikan alternatif lain kepada petani kakao yaitu penggunaan pestisida nabati yang lebih ramah lingkungan, dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai pembuatan pestisida nabati. Metode yang dilakukan yaitu penyuluhan, pelatihan dan aplikasi. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang manfaat dan cara pembuatan pestisida nabati yang terbuat dari tanaman liar. Pestisida nabati yang dibuat sendiri dapat mengurangi biaya produksi dan berpotensi sebagai industri rumah tangga.

 

Referensi

Mubushar, M., Aldosari, F. O., Baig, M. B., Alotaibi, B. M., & Khan, A. Q. (2019). Assessment of farmers on their knowledge regarding pesticide usage and biosafety. Saudi Journal of Biological Sciences, 26(7), 1903–1910.)

Riga, R., Sari, T. K., Agustina, D., Fitri, B. Y., Ikhsan, M. H., Pratama, F. H., & Oktria, W. Tampubolon, K., Sihombing, F. N., Purba, Z., Samosir, S. T. S., & Karim, S. (2018). Potensi metabolit sekunder gulma sebagai pestisida nabati di Indonesia. Kultivasi, 17(3), 683–693.

Tarigan, I. L., Hariyadi, B., Pebridayanti, P., & Latief, M. (2022). Pemanfaatan Tanaman Putat Sebagai Teh Fungsional dalam Mendukung Desa Ekowisata Danau Tangkas Desa Tanjung Lanjut. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 842–850.

Wulandari, E., Liza, A. K., & Ridwan, M. (2019). Pestisida Nabati Pembasmi Hama Ramah Lingkungan Untuk Petani Tebuwung. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 03(04), 352–357

Biografi Penulis

Indrawati Indrawati, Universitas Halu Oleo

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).