Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jpmpi.v4i1.593Diterbitkan:
2021-01-18Terbitan:
Vol 4 No 1 (2021)Kata Kunci:
Respon peserta didik, Modul Kimia, Etnosains, Sikap konservasi lingkunganArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Artikel ini membahas tentang pemanfaatan hasil pengembangan modul kimia dengan pendekatan etnosains pada materi kimia SMA. Pemanfaatan hasil ini dilakukan di MAN 2 Lombok Tengah. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pemanfaatan hasil pengembangan ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan peserta didik di MAN 2 Lombok Tengah sebanyak 110 responden. Data respon peserta didik dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis dengan persentase skor yang kemudian diinterpretasikan dengan kriteria kategori respon. Pemanfaatan hasil pengembangan menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap modul kimia dengan pendekatan etnosains termasuk dalam kriteria baik dengan skor sebesar 3.00. Artinya peserta didik memberika respon yang positif terhadap modul, sehingga pemanfaatan hasil pengembangan modul kimia berbasis etnosains yang dikembangkan dapat digunakan untuk menanamkan sikap konservasi lingkungan peserta didik di MAN 2 Lombok Tengah.Referensi
Abidinsyah. (2013). Internalisasi Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Local (Studi di SD Antasari Besar 7 Banjarmasin) Bandung. Dissertation: Universitas Pendidikan Indonesia.
Abonyi, Okechukwu. 2017. Effect of an Ethnoscience Based Instructional Package on Student Conception of Scientif Phenomena. accessed on January 2020. https://www.researchgate.net/.
Andayani, Y., Hadisaputra, S., & Hasnawati, H. (2018). Analysis of the Level of Conceptual Understanding. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1095. No. 1, p. 012045). IOP Publishing.
Atmojo, S.E., (2012). Profil Keterampilan Proses Sains Dan Apresiasi Peserta didik Terhadap Profesi Pengrajin Tempe Dalam Pembelajaran Ipa Berpendekatan Etnosains. JPII. Vol.1 (2): 115-122.
Baker, D., & Taylor, P. C. (1995) the Effect of Culture on the Learning of Science in Nn-Western Countries: The Result of an Integrated Research Review. International Journal of Science Education. 17(6). 695-704.
Jegede, O. & Aikenhead, G. (1999). Transcending Cultural Borders: Implications for Secondary Students Attitude Toward Science. Research in Science Education, 19. 155-164.
Okechukwu, S., Abonyi, Lawrence, A & Njoku. 2014. Innovations in Science and Technology Education: A Case for Ethnoscience Based Science Classrooms. International Journal of Scientific and Engineering Research, Volume 5, Issue 1. accessed Dec 2020 : http://s3.amazonaws. com/academia.edu.documents/ 33498416/ Innovations-in-Science-and-Technology-Education.pdf?
Pamungkas, A. Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118-127.
Rahmawati, S. U. (2014). Meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui sekolah berbudaya lingkungan Hidup: Studi Deskriptif di SMPN 7 Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Shidiq, A. S. (2016). Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Proseding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VIII. FKIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
Stanley, W.B & N.W. Brickhouse. (2001). The Multicultural Question Revisited. Science Education.Vol.85 (I): 35-48.
Suardana, I. N. (2010). Pengembangan Model Praktikum Kimia Dasar Berbasis Budaya Bali Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Mahasiswa. Dissertation. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudarmin. 2014. Model Pembelajaran Sains Berbasis Etnosains (MPSBE) untuk Menanamkan Nilai Karakter Konservasi dan Literasi Sains. Semarang: Universitas Semarang.
Susilo, H. W. (2015). Riset Kualitatif & Aplikasi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.
Utari, R., Andayani, Y., & Savalas, L.R.T. (2020). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam. Jurnal Pijar MIPA. 15(5). 478-481. doi: 10.29303/jpm.v15i5.
Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L.R.T., & Anwar, Y.A.S. (2020). Validity of Ethnoscience Based Chemistry Learning Media Emphasizing Character Values and Conservation Behavior. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 7(1). 45-48. doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.469.
Biografi Penulis
Rizki Utari, Universitas Mataram
Yayuk Andayani, Universitas Mataram
Lalu Rudyat Telly Savalas, Universitas Mataram
Yunita Arian Sani Anwar, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).