Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di Lombok Barat

Penulis

Sudirman , Nyoman Sridana , Untung Waluyo , Asrin

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5934

Diterbitkan:

2023-10-11

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pelatihan, Artikel ilmiah, Pengawas, Kepala sekolah, Guru

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sudirman, Sridana, N. ., Waluyo, U. ., & Asrin. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 895–900. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5934

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Banyak sekali peluang menulis bagi pengawas, kepala sekolah, dan guru. Akan tetapi, sangat disayangkan peluang-peluang tersebut belum banyak dimanfaatkan oleh guru. Keluhan tidak bisa menulis masih saja menjadi hambatan bagi guru untuk menangkap peluang-peluang tersebut, sehingga pengembangan diri dan karirnya berjalan tidak seperti yang diharapkan. Munculnya keluhan tidak bisa menulis di kalangan guru tentu saja bukan tanpa sebab. Secara umum ada beberapa kendala yang bisa ditemukan terhadap pengawas, kepala sekolah, dan guru sehingga membuat tingkat partisipasi menulis di kalangan pengawas, kepala sekolah rendah. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah menjelaskan konsep karya ilmiah atau artikel ilmiah, mengembangkan tema yang menarik khususnya tentang pendidikan, menyusun artikel serta memberikan pendampingan kepada peserta. Dari kegiatan evaluasi dan refleksi, peserta workshop memberikan penjelasan bahwa: (1) model pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kebutuhan guru telah meningkatkan keterampilan menulis mereka dan membuka peluang baru untuk bekerja sama dengan pihak Universitas Mataram dalam pengembangan karya ilmiah; dan (2) kegiatan pelatihan dan pendampingan membekali mereka dengan keterampilan dan kreativitas yang memadai sehingga mereka percaya diri dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang akan dipublikasikan di jurnal regional maupun nasional.

Referensi

Graham, S. (2019). Changing How Writing Is Taught. Review of Research in Education. https://doi.org/10.3102/0091732X18821125

Hasana, S.U. & Sulha (2022). Teacher Professional Development In Scientific Writing. Journal of Education, Teaching, and Learning. Vol. 7 No. 1 page 45-50.

Hamalik, Oemar (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru- Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77

Harun. (2001). Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun, dkk. (Eds.), Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah (hlm. 13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryanto. (2006). Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hidayat, L., Amwilla, A.Y. and Aprilia, A., 2015. Analisis Perputaran Modal Kerja, Perputaran Aktiva Terhadap Tingkat Pengembalian Modal. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 3 (1).

Hopkins, David (2011), Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iqbal Hasan (2008). Analisis Data Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jamil, Suprihatiningrum (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram, 2012

SK MENPAN No.26/MENPAN/1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru

Postholm, M.B. (2018) Teachers’ professional development in school: A review study, Cogent Education. Volume 5. No. 1 pp. 1-22

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhardjono & Supardi (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara Kusuma. Jakarta: Binarupa Aksara

Suharsimi Arikunto (2011). Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media

Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.

Tim Penyusun Pedoman (2010). Pedoman Penulisan Skripsi Program S1PGSD dan PGPAUD FKIP Unram

Uno, Hamzah B (2007). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Wardani, IGAK, dkk (2008). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka

Winarno Surakhmad (1982). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Winkel, WS (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media A

Wong, J.L.N. (2014). How does writing for publication help professional development of teachers? A case study in China, Journal of Education for Teaching. Vol. 40. No. 1, PP. 78-93

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).