Sosialisasi dan Intervensi Literasi, Numerasi (Pada Jenjang SMP di Kota Mataram)
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i3.5935Diterbitkan:
2023-10-24Terbitan:
Vol 6 No 3 (2023): Juli - SeptemberKata Kunci:
Sosialisasi, Literasi, NumerasiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pengabdian ini dilaksanakan dengan Kerjasama Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat (BGP) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek. Pengabdian ini berdasarkan sumber informasi mutu pendidikan dan rapor pendidikan Kota Mataram, sebagai bahan pertimbangan untuk dilakukannya pengabdian. Hasil rapor pendidikan tersebut menunjukkan bahwa dari sebaran satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 46 sekolah sedangkan 13 SMP baik negeri maupun swasta untuk indikator Literasi dan Numerasi di bawah kompetensi minimum. Untuk meningkatan indikator Literasi dan Numerasi di 13 SMP tersebut diperlukan analisa permasalahan serta menententukan akar masalahnya. Dalam menyelesaikan masalah tersebut perlu adanya rekomendasi skala prioritas dapat dilihat di rapor pendidikan. Indikator Literasi dan Numerasi yang menunjukkan belum tercapainya kompetensi minimum perlu mendapat perhatian. Dalam rapor pendidikan dinyatakan bahwa hal tersebut perlu dibenahi. Ada beberapa aspek yang perlu dibenahi yaitu: Peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran, mendorong motivasi belajar siswa dan kolaborasi antar stakeholders sekolah dimana diperlukan pemimpin instruksional. Langkah pertama dalam mengatasi masalah tersebut adalah melakukan sosialisasi dan intervensi semua pihak, kami sebagai dosen terpanggil dan turut membantu mengurangi beban sekolah dalam mengatasi masalah rendahnya kemampuan literasi dan numerasi pada satuan Pendidikan di 13 SMP tersebut, hal ini diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan yakni sekolah. Pelaksanaan pengabdian tersebut dilaksanakan pada tanggal, 23 Mei 2023 bertempat di Mitra Universitas Mataram yaitu Balai Guru Penggerak Provinsi NTB.
Referensi
Asmara dkk (2019), Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran, Sindang Vol. 1, No. 1 (Jan-Juni 2019): 12-24 ISSN: 2623-2065
Bernadette Gold et.al (2021) Are good observers good classroom managers? The relationship between teachers’ professional vision and their students’ ratings on classroom management, The International Journal of Educational Research Volume 109, 2021, 101811
Camacho (2022) The Mediating Effect of Academic Motivation on the Relationship between Metacognitive Skills, Students Attitudes and Beliefs toward Mathematics, International Journal of Research and Innovation in Applied Science (IJRIAS) | Volume VII, Issue VI, June 2022 | ISSN 2454–6194
Ekawati et.al (2022) Mentoring Throught Lesson Study : A Collaborative Way to Supporting EFL Teachers, Professional Development In Madrasyah (Islamic School), International Journal of Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Vol 15, No 2 (2022) elSSN:2442-4730 plSSN:1978-1342.
Hamed Al-Yahmadi (2021) The Consequences of Professional Learning Communities on Teacher
Handayani dkk (2020), Mendukung Kualitas Pembelajaran melalui Sekolah Aman dan Menyenangkan, Pusat Penelitian Kebiajakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Heydari et.al (2022) Professional Development in Oman, International Knowledge Sharing Platform, Vol 13, Relationship between the Level of Personal Autonomy in High School Students and the Rate of Teachers’ Attention to Teaching Approaches of Personal Autonomy Jurnal of Education and Learning https://ccsenet.org/journal/index.php/jel No 24 (2022)
Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek (2021) Buku Saku Rapor Pendidikan Rapor Untuk Satuan Pendidikan, (Pendidikan Identiï¬kasi, Refleksi, Benahi)
Kompas.com 03/08/2021, Observasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, Ciri-ciri dan Jenisnya
LPMP Provinsi NTB (2020) Peta Mutu Pendidikan Kota Mataram Tahun 2020, website.http:/lpmpntb.kemdikbud,go.id
Mustari, M. (2012), Pengantar Metode Penelitian,LaksBang, Yogyakarta
Mustari, M. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Gerakan Literasi dan Numerasi. Socio Politica : Jurnal Ilmiah Jur
Ndou Nndwamato (2022) Circuit managers’ views on quality education at selected public schools in the Limpopo, province, South AfricaSouth African Journal of Education, Volume 42, Number 2, May 2022 1
Pangesti (2021) detik.edu, https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5860988/apa-yang-dimaksud-observasi-ini-tujuan-manfaat-dan-jenis-jenisnya.
Putri, (2021), Kompas.com 03/08/2021
Sugiono (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta Bandung 2018
Zellatifanny dkk (2018), Tipe Penelitian Deskriptif dalam Ilmu Komunikasi. (The Type of Descriptive Research in Communication Study, diaKom. DOI https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20 Vol 1 No 2 (2018)
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).