Pelatihan Pembuatan Biobriket Dari Limbah Biomassa Sekam Padi Kelompok Wanita Tani Subur Desa Gondang Kabupaten Lombok Utara

Penulis

Febriana Tri Wulandari , Rima Vera Ningsih , Raehnayati , Diah Permata Sari , Kornelia Webliana

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5940

Diterbitkan:

2023-11-21

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

limbah biomassa, biobriket, sekam padi, kelompok wanita tani subur, desa gondang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Tri Wulandari, F., Ningsih, R. V. ., Raehnayati, Sari, D. P. ., & Webliana, K. . (2023). Pelatihan Pembuatan Biobriket Dari Limbah Biomassa Sekam Padi Kelompok Wanita Tani Subur Desa Gondang Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1070–1078. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5940

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kelangkaan dan kenaikan harga minyak akan terus terjadi karena sifatnya yang nonrenewable. Salah satu sumber energi alternatif yang renewable dengan memanfaatkan limbah biomassa Potensi energi Indonesia yang bersumber dari biomassa sekitar 13,662 MWe dengan kapasitas terpasang 1,364 MWe  pada tahun 2014. Salah satu limbah biomassa dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar biobriket adalah sekam padi. Potensi produksi padi yang tinggi di NTB mendukung ketersediaan bahan baku biobriket sekam padi. Beberapa penelitian terkait biobriket telah peneliti laksanakan antara lain penelitian biobriket dari cangkang kelapa, serbuk gergaji, bambu dan kulit coklat.  Penelitian yang terkait biobriket antara lain:  Penelitian yang terkait biobriket antara lain: Pengaruh Komposisi Arang Sekam Padi Dan Arang Kulit Biji Jarak Pagar Terhadap Mutu Briket Arang, Karakteristik Termal Briket Arang Sekam Padi Dengan Variasi Bahan Perekat, Penentuan Kondisi Optimum Suhu Dan Waktu Karbonisasi Pada Pembuatan Arang Dari Sekam Padi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka sekam padi akan diaplikasikan menjadi briket arang (biobriket) yang dapat menjadi bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan memberikan nilai finansial bagi masyarakat menengah ke bawah. Diharapkan dengan memberikan pelatihan pembuatan briket arang dari sekam padi ini akan mengurangi limbah sekam padi, memberikan bahan bakar alternatif yang murah dan ramah lingkungan serta memberikan lapangan kerja baru dalam bentuk kelompok usaha sehingga mendapatkan tambahan pendapatan bagi masyarakat. Sasaran kegiatan pelatihan pembuatan biobriket dari  limbah biomassa sekam padi adalah (1). Memberikan wawasan kepada masyarakat tentang teknik karbonisasi (pembakaran arang) (2). Memberikan wawasan teknik pembuatan biobriket, (3). Memberikan wawasan peluang usaha baru pada masyarakat.

Referensi

Briyartendra, E. I dan Widayat, W. 2019. Pengaruh Ukuran Partikel dan Tekanan Kompaksi Terhadap Karakteristik Briket Kayu Jati. Jrnal Inovasi Mesin. (1),2, 14-22.

Daud Patabang, 2012. Arakteristik Termal Briket Arang Sekam Padi Dengan Variasi Bahan Perekat Jurnal Mekanikal, (3),2, 1-8.

Nanang Ali Sutisna, Filda Rahmiati & Grace Amin, 2021. Optimalisasi Pemanfaatan Sekam Padi Menjadi Briket Arang Sekam untuk Menambah Pendapatan Petani di Desa Sukamaju, Jawa Barat. Agricultural Journal (4),1, 116-126.

Rahmiati, F., Amin, G., & German, E.(2019). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Padi Menjadi Arang Sekam Untuk Menambah Pendapatan Petani.Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, (5),2, 159–164.

Mandey, L. C., & Tarore, D. (2015). Pengembangan Produksi Biobriket Dari Limbah Hasil Pertanian Sebagai Bahan Bakar Pengganti Minyak Tanah dan Gas. Jurnal Ilmu Dan TeknologiPangan, (3),2, 1–7

Agung Sugiharto, Zidni' Ilma Firdaus, 2021. Pembuatan Briket Ampas Tebu dan Sekam Padi Menggunakan Metode Pirolisis Sebagai Energi Alternatif. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (6),1.

Asni Zaka Nurusysyifa, 2020. Pengaruh Tekanan Pembriketan Terhadap Karakteristik Mekanik Dan Karakteristik Pada Briket Campuran Sekam Padi dan Bonggol Jagung. Departemen Fisika FMIPA Universitas Padjadjaran (4),3.

Daud Patabang, 2012. Karakteristik Termal Briket Arang Sekam Padi Dengan Variasi Bahan Perekat. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tadulako (3),2.

Fonny Rianawati, Zainal Abidin, and Muhammad Naparin, 2021. Kajian Karakteristik Briket Dari Pencampuran Jerami Dan Sekam Padi Dari Limbah Pasca Panen Di Lahan Gambut. Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (9),4.

Lestari, Puji Asri., and S. Tjahjani. 2015. Pemanfaatan Bungkil Biji Kapuk (Ceiba Pentandra) Sebagai Campuran Briket Sekam Padi. UNESA Journal of Chemistry (4),1.

Noviyarsi, Dessi Murti, and Fuji Kurniawan Jafri, 2015. Potensi Briket Arang Berbahan Sekam Sebagai Energi Alternatif. Tesis. Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta.

Nilma Yuliza, Novizar Nazir, Masrul Djalal, 2013. Pengaruh Komposisi Arang Sekam Padi Dan Arang Kulit Biji Jarak Pagar Terhadap Mutu Briket Arang. Fakultas Teknologi Pertanian, Kampus Limau Marvis Padang (3),1.

M Faizal, Muhamad Saputra, and Fernando Ario Zainal, 2015. Pembuatan Briket Bioarang Dari Campuran Batubara dan Biomassa Sekam Padi Dan Eceng Gondok. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (21),4.

Sari, Desi A., and Hadiyanto. 2013. Proses Produksi Bioenergi Berbasiskan Bioteknologi. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan (2),3.

Siahaan, Satriyani, M. Hutapea, and R. Hasibuan. 2013. Penentuan Kondisi Optimum Suhu dan Waktu Karbonisasi pada Pembuatan Arang dari Sekam Padi. Jurnal Teknik Kimia USU (2),1, 27.

Lempang, Mody. 2014. Pembuatan dan Kegunaan Arang Aktif. Info Teknis EBONI (11), 2, 65 – 80.

Biografi Penulis

Febriana Tri Wulandari, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).