Pelatihan Kewirausahaan Manajemen Usaha dan Keuangan: Pentingnya Pemahaman Dinamika Kelompok kepada Pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i4.5952Diterbitkan:
2023-11-21Terbitan:
Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023Kata Kunci:
Dinamika Kelompok, Evaluasi, Kewirausahaan, Manajemen, UMKMArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pelatihan ini bertujuan sebagai pengembangan dan penyesuaian pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari perspektif teori-teori dinamika kelompok dalam pengembangan organisasi. Pelatihan ini dilakukan dengan pemaparan materi dinamika kelompok dalam kelompok pelaku UMKM. Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dinamika kelompok pada pelatihan ini bagi pemilik UMKM yaitu; (1) membangun komunikasi yang terbuka dan jujur antar anggota kelompok; (2) mempromosikan kolaborasi dan dukungan timbal balik dalam kelompok; (3) menyediakan fasilitas dan ruang untuk diskusi serta menghargai pendapat setiap anggota kelompok; dan (4) membuat kesepakatan dan aturan yang jelas untuk dapat dilaksanakan oleh semua pihak dalam tim kerja. Peserta kegiatan pelatihan kewirausahaan ini pada awal pelatihan telah diberikan evaluasi awal berbentuk pretest untuk mengetahui kemampuan awal pemilik usaha kecil dan menengah dan memetakan dinamika kelompok. Hasil evaluasi awal yang berbentuk pretest didapatkan bahwa nilai rata-rata peserta pelatihan sebesar 53,48. Setelah pretest diberikan maka kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai dinamika kelompok kepada peserta pelatihan kewirausahaan diselingi dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab. Pada akhir kegiatan dilakukan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir para pemilik UMKM setelah pelatihan. Posttest yang dilakukan setelah pelatihan menunjukkan nilai rata-rata peserta pelatihan sebesar 71,98. Hasil evaluasi setelah posttest menunjukkan bahwa pemahaman para peserta pelatihan UMKM telah meningkat sebesar 18,49 atau 34,57%. Pelatihan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan baru para pelaku usaha agar semakin meningkatkan kinerja, kemampuan manajemen usaha, membangun ikatan dan hubungan yang lebih kuat dalam internal, menghindari terjadinya konflik internal, serta mesti mengutamakan kepentingan bersama demi kesejahteraan bersama.
Referensi
Anggraeni, F. D., I. Hardjanto dan A. Hayat. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung†di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbig, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik 1 (6): 1286-1295.
Damanik, I. P. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dinamika Kelompok dan Hubungannya dengan Kelas Kemampuan Kelompok Tani di Desa Pulokencana Kabupaten Serang. Jurnal Penyuluhan: Volume 9 Nomor (1). Fakultas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.
Hidayat, Bahril, et al. "Membangun Kerjasama Tim." Diambil tanggal 23 Oktober 2023. https://www.researchgate.net/profile/BahrilHidayat/publication/320238537_Membangun_Kerjasama_Tim/links/5a242fdc0f7e9b71dd073798/Membangun-Kerjasama-Tim.pdf.
Jaya, F. (2021). Potensi Konflik Kepentingan dalam Pendirian Badan Hukum Perorangan Pasca Revisi Undang-Undang Perseroan Terbatas dalam Omnibus Law. Kosmik Hukum, 21(2), 115-123.
Nugroho, R. E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Stress Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Kontrak Proyek. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 293228.
Sumadi. 2021. Dinamika Transformasi UMKM di Era Digitalisasi Pandemi COVID-19. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers. ISSN Online: 2654-6590 | ISSN Cetak: 2654-5306.
Wibawa, D. A. (2012). Kepemimpinan transaksional dan kepemimpinan transformasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijoyo H dan Widiyanti. 2020. Digitalisasi Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Riau. Sinagara 2020, Konferensi Nacional Administrasi Negara.
Biografi Penulis
Tohap Simangunsong, Universitas Jenderal Soedirman
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).