Edukasi Penangan Awal Pada Serangan Jantung

Penulis

Anak Agung Sagung Mas Meiswaryasti Putra , Anak Agung Ayu Niti Wedayani , Emmy Amalia , Eka Arie Yuliyani , Novia Andansari Putri , Anak Agung Ketut Sudharmawan , Ini Hidayat Makbul

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5973

Diterbitkan:

2023-11-08

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

serangan jantung, penanganan, edukasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Putra, A. A. S. M. M., Wedayani, A. A. A. N. ., Amalia, E. ., Yuliyani, E. A., Putri, N. A. ., Sudharmawan, A. A. K. ., & Makbul, I. H. . (2023). Edukasi Penangan Awal Pada Serangan Jantung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1023–1026. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5973

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Timbulnya serangan jantungnya dan pengambilan tindakan secara segera dan tepat dapat berdampak signifikan pada morbiditas dan mortalitas. Di antara pasien yang menderita serangan jantung, penundaan sebelum masuk rumah sakit yang lebih lama untuk mendapatkan pengobatan darurat dapat berdampak negatif pada prognosis pasien. Setiap tahun, ribuan orang meninggal atau menderita secara permanen karena tidak ada tindakan tepat yang diambil untuk mengatasi gejala serangan jantung. Keterlambatan waktu pelaporan dari munculnya gejala serangan jantung hingga munculnya di pusat perawatan medis terlihat secara global, dan ini terutama terkait dengan kemampuan pasien untuk mengidentifikasi tanda dan gejala serangan jantung. Kurangnya kesadaran akan pengetahuan tentang penanganan serta pola hidup yang sehat sehingga meningkatkan serangan jantung dan menurunkan kualitas hidup masyarakat. Meningkatkan kualitas hidup dengan mencegah serangan jantung dengan mengatur faktor risiko dan mencegah komplikasi dengan mengetahui penanganan awal pada serangan jantung. Tahapan pendekatan yang dilakukan dalam program ini adalah penyuluhan atau pemberian edukasi. Penyuluhan Tentang Pengenalan dan Edukasi Penanganan Serangan Jantung di RS UNRAM diadakan di depan poli penyakit jantung dan dihadiri oleh pasien ataupun keluarga pasien yang ada pada saat itu. Selain penyuluhan dilakukan juga pembagian flyer tentang Pengenalan dan Edukasi Penanganan Serangan Jantung

Referensi

Abdo Ahmed, A. A., Mohammed Al-Shami, A., Jamshed, S., Fata Nahas, A. R., & Mohamed Ibrahim, M. I. (2020). Public Awareness of and Action towards Heart Attack Symptoms: An Exploratory Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), 8982. https://doi.org/10.3390/ijerph17238982

Noureddine, S., Dumit, N. Y., & Maatouk, H. (2019). Patients' knowledge and attitudes about myocardial infarction. Nursing & Health Sciences, 22(1), 49– 56. https://doi.org/10.1111/nhs.12642

Saleh, M., & Ambrose, J. A. (2018). Understanding myocardial infarction. F1000Research, 7,

https://doi.org/10.12688/f1000research.15096.1

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).