Pengembangan Usaha Kuliner Ikan Bakar Di Kawasan Wisata Pantai Gading Kota Mataram

Penulis

Hailuddin , Mukmin Suryatni , Akung Daeng , Mahyuddin Nasir , Irwan Suriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.5974

Diterbitkan:

2023-11-02

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Usaha Kuliner; Ikan Bakar; Pantai Gading.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hailuddin, Suryatni, M. ., Daeng, A. ., Nasir, M. ., & Suriadi, I. . (2023). Pengembangan Usaha Kuliner Ikan Bakar Di Kawasan Wisata Pantai Gading Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1012–1016. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.5974

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pada dasarnya pembangunan masyarakat kecil pada hakekatnya merupakan suatu proses perubahan menuju kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Upaya perbaikan tersebut mesti terus digaungkan agar masyarakat aktif membangun dirinya demi  menunjang pembangunan nasional. Tugas ini merupakan tanggung jawab semua pihak  baik itu pemerintah maupun swasta, termasuk juga tanggung jawab perguruan tinggi beserta civitas akademikanya. Oleh karena itu perguruan tinggi harus menunjang pembangunan wilayah pada khususnya. Salah satu usaha masyarakat yang perlu mendapat perhatian serius adalah pelaku usaha kecil menengah. Kelompok usaha ini sangat dominan dilakukan oleh pelaku usaha, khususnya pada kelompok masyarakat lapisan bawah. Pemberdayaan usaha kecil tergolong belum intensif, seringkali para pelakunya menghadapi kendala biasanya tentang permodalan, pemasaran, produksi dan lainnya. Permasalahan yang timbul sering terlambat diantisipasi oleh para pelaku usaha. Fenomena ini memang unik karena tidak dianggap sebagai suatu masalah. Beberapa permasalahan yang merupakan sumber dari sebab terjadinya kegagalan usaha atau sulit berkembang, karena kurang pengetahuan tentang pengelolaan usaha yang digeluti, kurangnya kerjasama yang intens antar pelaku usaha kecil, pemasaran serta kontinuitas bahan baku. Untuk itu dengan kegiatan penyuluhan dan pendampingan ini diharap mendapat respon positif dari para peserta. Keseriusan tim pendamping dan para peserta dalam melaksanakan kegiatan ini merupakan modal utama (sebagai faktor pendorong) untuk mengatasi berbagai permasalahan komplek yang dihadapi para pelaku usaha.

Referensi

Basri, Faisal, 2002, Perekonomian Indonesia, Tantangan dan Harapan Bagi Kebangkitan Indonesia, Erlangga, Jakarta. .

Damanhuri, Didin, 2002, Posisi dan Prospek UKM di Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Hailuddin, 2007. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah, Mengkritisi Lembaga Perbankan, Mutiara Ilmu, Bandung.

Hailuddin, dkk. 2021. Pengembangan Ekonomi Pelaku Usaha Rumah Tangga di Desa Rempung Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2021, 4(1): 197-200.

Halim, Abdul, 2001, Manajemen Keuangan Daerah, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2004, Otonomi & Pembangunan Daerah Reformasi, Perencanaan,

Strategi dan Peluang, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Andi Offset, Yogyakarta.

Sumardi. 1986. Pembangunan dan Kemiskinan. Bulan Bintang. Rajawali Jakarta Suseno Triyanto, WHg. 1990. Pembangunan Ekonomi. Kanisius. Yogyakarta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).