Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah

Penulis

Nurul Ahadia , M. Zulmuhibban , Cahayatul Aulia , Nindi Claudia , Nisratul Apriyani , Ririn Widiawati , Widya Anggreni , Yuyun Ningsiati , I Gde Mertha

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.601

Diterbitkan:

2021-01-25

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Komputer, Era Digital.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ahadia, N., Zulmuhibban, M., Aulia, C., Claudia, N., Apriyani, N., Widiawati, R., … Mertha, I. G. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.601

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Komputer merupakan salah satu media elektronik yang banyak digunakan untuk memudahkan manusia mengelola data dan menyimpan informasi (data storage) dengan praktis dan efisien. Pada era serba digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer telah mempengauhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan tidak dapat disangkal lagi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi pendampingan kepada peserta didik di SMA Negeri 1 Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah dalam mengaplikasikan Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam melakukan pengolahan kata dan pembuatan media presentasi yang berguna untuk mempermudah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam upaya mencapai target atau tujuan yang telah direncanakan adalah ceramah, praktek (unjuk kerja) dan tanya jawab. Peserta pelatihan dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok didampingi oleh seorang mentor.  Untuk mengetahui keberhasilan program kegiatan yang telah dilaksanakan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara memberikan ujian praktek untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terkait materi dan pelatihan yang telah diberikan. Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa pengabdian telah berhasil meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam pengaplikasian Microsoft Word dan PowerPoint. Peserta didik di SMA 1 Praya Tengah merasa terbantu dengan adanya pelatihan yang dilakukan sehingga mereka dapat menggunakan komputer atau laptop dalam mengerjakan tugas sekolah dengan baik, seperti membuat makalah dan power point untuk memudahkan dalam kegiatan presentasi. Peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap kegiatan yang dilakukan dan menilai kegiatan ini sangat bermanfaat.

Referensi

Anonim, 2017. Pengertian Power Point Menurut Para Ahli. rangkumanpustaka.com.

Anonim. 2020. Mengungkap Kelebihan Microsoft PowerPoint. kreasipresentasi.com.

Astawa, N. L. P. N. S. P. 2019. Buku Cerita Fabel Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro 4(2): 126-143.

Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3(1): 1-14.

Permana, R. S. M. dan J.N. Mahameruaji. 2019. Strategi Pemanfaatan Media Baru Net. TV. Jurnal Studi Komunikasi dan Media 23 (1): 21-36.

Purnomo, C. H. 2011. Panduan belajar Otodidak Microsoft Office Word 2010. Mediakita. Jakarta.

Sari, R., A. Fitriyani dan R.D. Prabandari. 2020. Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) 3(2): 95-104.

Widyastono, H. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi A di Provinsi Jawa Timur. Kwangsan 5(1): 21-38.

Wijaya, M. 2020. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word. nitrotekno.com

Biografi Penulis

Nurul Ahadia, Universitas Mataram

M. Zulmuhibban, Universitas Mataram

Cahayatul Aulia, Universitas Mataram

Nindi Claudia, Universitas Mataram

Nisratul Apriyani, Universitas Mataram

Ririn Widiawati, Universitas Mataram

Widya Anggreni, Universitas Mataram

Yuyun Ningsiati, Universitas Mataram

I Gde Mertha, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).