Peningkatan Kapasitas Produksi dan Pemasaran Produk Olahan Kelapa dan Susu menjadi Sup Buah

Penulis

Yusriyah Atikah Gobel , Susan Mokoolang , Moh. Muchlis Djibran , Fahrullah Fahrullah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6044

Diterbitkan:

2024-02-29

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Coconut, Fruit Soup, Milk, Marketing

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Gobel, Y. A., Mokoolang, S. ., Djibran, M. M., & Fahrullah, F. (2024). Peningkatan Kapasitas Produksi dan Pemasaran Produk Olahan Kelapa dan Susu menjadi Sup Buah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 79–83. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6044

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pembuatan makanan ringan sehat merupakan usaha rumahan yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Gorontalo. Permintaan yang cukup tinggi akan makanan ringan ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan persaingan yang ketat, penting bagi para pelaku usaha ini untuk terus melakukan inovasi dan terobosan agar produk mereka tetap diminati oleh konsumen. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat setempat dalam mengelola bisnis mereka secara profesional, kreatif dan inovatif, dan untuk memperluas eksposur produk mereka di pasar. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat setempat dalam mengelola bisnis mereka secara profesional, kreatif dan inovatif, serta untuk memperluas eksposur produk mereka di pasar. Tujuan-tujuan ini akan dicapai melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat seperti ceramah, demonstrasi praktis pembuatan sup buah, bimbingan langkah demi langkah, dan penilaian. Proyek pengabdian masyarakat ini diterima dengan baik oleh para mitra, yang dibuktikan dengan partisipasi aktif mereka dalam semua tahapan kegiatan. Kedua mitra mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, terutama di bidang pemasaran, manajemen bisnis, dan peningkatan kapasitas.

Referensi

Abdul-rahman, A. dan Nor, S. M. 2017. Challenges of profit-and-loss sharing financing in Malaysian Islamic banking. Geografia- Malaysian Journal of Society and Space, 12(2): 39–46.

Asfiah, N., Irawati, S. dan Fiandari, Y. R. Peningkatan kualitas produk olahan susu dengan penyimpanan hasil produksi yang efektif. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(2): 9-16.

Asizah, N., Ernawati., Tajuddin., Syarif, M., Natsir, M., Muthalib, A. A., Saenong, Z., Alwi, S., Dja’wa, A., Baheri., Nur, S. dan Ariani, W. O. R. 2022. Pelatihan manajemen produksi dan pemasaran usaha pangan beku bagi calon entrepreneur muda. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2): 106-115.

Meilizar., Hadiguna, R. A., Santosa. Dan Nofialdi. 2023. Strategi pengembangan agroindustry santan kelapa. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3): 275-286.

Mulyadi, A. F. dan Santoso, E. F. S. M. 2015. Peningkatan kapasitas dan efisiensi produksi UMKM minuman sari buah. Journal of Innovation and Apllied Technology, 1(1): 37-43.

Partomo, Titik S. dan Soejoedono, A. R. 2011. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Resnawati, H. 2014. Kualitas susu pada berbagai pengolahan dan penyimpanan. Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas, 497–502.

Suryana. 2010. Kewirausahaan, Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat: Jakarta.

Wardhana, D. K., Prawesthirini, S. dan Effendi, M. H. 2017. Pengabdian masyarakat pelatihan pembuatan yoghurt bagi masyarakat peternak sapi perah di Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. AGROVETERINER, 5(2): 158-162.

Yusuf, N. 2011. Wirausaha dan Usaha Kecil. Modul PTKPNF Depdiknas: Jakarta.

Biografi Penulis

Yusriyah Atikah Gobel, Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Susan Mokoolang, Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Moh. Muchlis Djibran, Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Fahrullah Fahrullah, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).