Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Melalui Transfer Biofloc Technology (BFT) untuk Mendukung Penguatan Kemandirian Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Penulis

Agoes Soeprijanto , Mofit Jamroni , Diana Aisyah , Supriyadi Supriyadi , Hendi Subandi

Diterbitkan:

2023-12-29

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Ikan nila, Biofloc Teknologi (BFT), Desa Mojorejo.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Soeprijanto, A. ., Jamroni, M. ., Aisyah, D., Supriyadi, S. ., & Subandi, H. . (2023). Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Melalui Transfer Biofloc Technology (BFT) untuk Mendukung Penguatan Kemandirian Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1482–1486. Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/6048

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Usaha budidaya perikanan khususnya budidaya ikan nila di desa Mojorejo tidak berjalan sesuai harapan dikarenakan hasil produksi ikan rendah dan pengetahuan masyarakat terkait teknik budidaya juga masih terbatas. Beberapa permasalahan yang dihadapi kelompok pembudidaya yaitu belum terprogram dengan baik usaha perikanan dikarenakan belum adanya sosialisasi akan potensi usaha dibidang perikanan, teknik budidaya ikan nila yang efektif belum diketahui, dan diperlukan pendampingan terkait manajemen budidaya untuk dapat mengoptimalkan produksi budidaya ikan nila. Sehingga tujuan utama dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan produktivitas budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) melalui transfer biofloc technology (BFT) untuk mendukung penguatan kemandirian desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, kota Batu. Metode yang dilakukan meliputi survey dan penijauan lokasi, sosialisasi dan pelatihan BFT, transfer BFT, serta pendampingan berkala. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan ini yaitu mitra memahami prinsip dasar budidaya ikan nila dengan sistem BFT, mitra memahami pengaturan input dan output dalam budidaya ikan nila dengan sistem BFT, mitra dapat mengkultur bakteri bioflok, mitra dapat mengetahui rasio C:N di kolam budidaya dan mitra dapat melakukan budidaya dengan sistem BFT sehingga didapatkan nilai tambah produksi yang semakin meningkat.

Referensi

Jayadi, J., Asni, A., Ilmiah, I., & Rosada, I. (2021). Pengembangan usaha kampus melalui inovasi teknologi budidaya ikan nila dengan sistem modular pada kolam terpal di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 196-207.

Kordi K, M Ghufran. (2010). Budidaya Udang Laut. Lily Publisher. Yogyakarta.

Oktavia, R. P., Febrianti, D. A., Septianingsih, A. D., Ramadhan, M. I. R., & Diana, L. (2022). Penerapan Metode Bioflok Pada Budidaya Lele di Greenhouse Kelurahan Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Surabaya. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 316-321.

Putra, I., Rusliadi, R., Pamukas, N. A., Suharman, I., Masjudi, H., & Darfia, N. E. (2022). Performa pertumbuhan ikan nila merah, oreochromis niloticus pada sistem bioflok dengan frekuensi pemberian pakan yang berbeda. Jurnal Riset Akuakultur, 17(1), 15-21.

Suhaimi, A. (2019). Pangan, gizi dan kesehatan. Deepublish. Yogyakarta. 7-8 hlm.

Suryaningrum, F. M. (2014). Aplikasi teknologi bioflock pada pemeliharaan benih ikan nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Manajemen Perikanan dan Kelautan. 1(1), 1-9.

Biografi Penulis

Diana Aisyah, Universitas Brawijaya

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).