Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Melalui Transfer Biofloc Technology (BFT) untuk Mendukung Penguatan Kemandirian Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Penulis

  • Agoes Soeprijanto
  • Mofit Jamroni
  • Diana Aisyah Universitas Brawijaya
  • Supriyadi Supriyadi
  • Hendi Subandi

Kata Kunci:

Ikan nila, Biofloc Teknologi (BFT), Desa Mojorejo.

Abstrak

Usaha budidaya perikanan khususnya budidaya ikan nila di desa Mojorejo tidak berjalan sesuai harapan dikarenakan hasil produksi ikan rendah dan pengetahuan masyarakat terkait teknik budidaya juga masih terbatas. Beberapa permasalahan yang dihadapi kelompok pembudidaya yaitu belum terprogram dengan baik usaha perikanan dikarenakan belum adanya sosialisasi akan potensi usaha dibidang perikanan, teknik budidaya ikan nila yang efektif belum diketahui, dan diperlukan pendampingan terkait manajemen budidaya untuk dapat mengoptimalkan produksi budidaya ikan nila. Sehingga tujuan utama dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan produktivitas budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) melalui transfer biofloc technology (BFT) untuk mendukung penguatan kemandirian desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, kota Batu. Metode yang dilakukan meliputi survey dan penijauan lokasi, sosialisasi dan pelatihan BFT, transfer BFT, serta pendampingan berkala. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan ini yaitu mitra memahami prinsip dasar budidaya ikan nila dengan sistem BFT, mitra memahami pengaturan input dan output dalam budidaya ikan nila dengan sistem BFT, mitra dapat mengkultur bakteri bioflok, mitra dapat mengetahui rasio C:N di kolam budidaya dan mitra dapat melakukan budidaya dengan sistem BFT sehingga didapatkan nilai tambah produksi yang semakin meningkat.

Referensi

Jayadi, J., Asni, A., Ilmiah, I., & Rosada, I. (2021). Pengembangan usaha kampus melalui inovasi teknologi budidaya ikan nila dengan sistem modular pada kolam terpal di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 196-207.

Kordi K, M Ghufran. (2010). Budidaya Udang Laut. Lily Publisher. Yogyakarta.

Oktavia, R. P., Febrianti, D. A., Septianingsih, A. D., Ramadhan, M. I. R., & Diana, L. (2022). Penerapan Metode Bioflok Pada Budidaya Lele di Greenhouse Kelurahan Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Surabaya. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 316-321.

Putra, I., Rusliadi, R., Pamukas, N. A., Suharman, I., Masjudi, H., & Darfia, N. E. (2022). Performa pertumbuhan ikan nila merah, oreochromis niloticus pada sistem bioflok dengan frekuensi pemberian pakan yang berbeda. Jurnal Riset Akuakultur, 17(1), 15-21.

Suhaimi, A. (2019). Pangan, gizi dan kesehatan. Deepublish. Yogyakarta. 7-8 hlm.

Suryaningrum, F. M. (2014). Aplikasi teknologi bioflock pada pemeliharaan benih ikan nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Manajemen Perikanan dan Kelautan. 1(1), 1-9.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Soeprijanto, A. ., Jamroni, M. ., Aisyah, D., Supriyadi, S. ., & Subandi, H. . (2023). Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Melalui Transfer Biofloc Technology (BFT) untuk Mendukung Penguatan Kemandirian Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1482–1486. Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/6048