Sosialisasi Teknik Pembuatan Tepung Ikan pada Pembudidaya Kepiting Bakau di Dusun Madak Belek, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat

Penulis

Wastu Ayu Diamahesa , Sapto Andriyono , Adriana Monica Sahidu , Muhammad Amin , Bagus Dwi Hari Setyono , Rangga Idris Affandi , Alief Erwanda Panosa , Damai Diniariwisan , Nuri Muahiddah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6060

Diterbitkan:

2023-11-23

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Ikan rucah, Kepiting bakau, Pemberdayaan Masyarakat, Tepung Ikan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Diamahesa, W. A., Andriyono, S. ., Sahidu, A. M. ., Amin, M. ., Setyono, B. D. H. ., Affandi, R. I. ., … Muahiddah, N. . (2023). Sosialisasi Teknik Pembuatan Tepung Ikan pada Pembudidaya Kepiting Bakau di Dusun Madak Belek, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1092–1096. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6060

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sekotong adalah salah satu daerah dengan potensi besar dalam budidaya kepiting bakau. Namun, dalam praktiknya, para pembudidaya sering menghadapi kendala dalam pemanfaatan sumber daya pakan yang efektif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, program sosialisasi teknik pembuatan tepung ikan di Desa Sekotong bertujuan untuk memberdayakan para pembudidaya kepiting bakau melalui pengenalan metode efisien dalam pengelolaan pakan, serta peningkatan pengetahuan terkait pemanfaatan sumber daya ikan lokal, khususnya ikan rucah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survei kegiatan pendahuluan, pelatihan, workshop, demonstrasi praktis, monitoring dan evaluasi. Kegiatan diikuti oleh beberapa stakeholder: pembudidaya kepiting bakau, dosen dan mahasiswa Unram, dosen dan mahasiswa Unair, serta remaja setempat. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat pembudidaya kepiting bakau dapat memahami, menjelaskan, dan membuat tepung ikan rucah secara mandiri. Sosialisasi teknik pembuatan tepung ikan di Desa Sekotong, Lombok Barat, telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pembudidaya kepiting bakau. Untuk menjaga keberlanjutan program, disarankan adanya pengembangan lebih lanjut terhadap jejaring kerjasama antarpetani, serta pendampingan lanjutan dalam menghadapi perubahan lingkungan dan pasar.

Referensi

Agustin, A., Emilda, E., & Sari, T. A. (2022). Respon Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata) terhadap Pemberian Tepung Ikan Rucah dan Udang pada Pakan Buatan. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 55-62.

Akbar, T. M., Tampoebolon, B. I. M., & Pujaningsih, R. I. (2019). Status Mikrobiologi Tepung Ikan Rucah yang Diberi Ekstrak Daun Kersen sebagai Antibakteri pada Berbagai Lama Penyimpanan. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 14(3), 312-318.

Anam, C., & Indarto, C. (2018). Produksi Tepung Ikan Rucah Untuk Peningkatan Pendapatan Nelayan di Paciran Lamongan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 160-169.

Arnis, E. (2016). PENGGUNAAN TEPUNG KORO BENGUK (Mucuna pruriens) DAN TEPUNG IKAN RUCAH SEBAGAI BAHAN BAKU PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus).

BUDI, R. (2010). Pengeringan ikan rucah dengan tray dryer: Pengaruh suhu dan lama pengeringan terhadap kualitas tepung ikan (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Diamahesa, W.A. Use of insects meal as alternative protein sources for fish meal. 2021. Doctoral Dissertation. Ehime University.

Diamahesa, W. A., & Masumoto, T. (2023). Pengaruh Pakan yang Disuplementasikan dengan lecthin kedelai dan lalat tantara hitam terhadap kinerja pertumbuhan dan pemanfaatan lipid ikan mas (Cyprinus carpio L.). Jurnal Perikanan Unram, 13(2), 456-464.

Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram. Data Penangkapan Ikan Laut Kota Mataram. 2023. https://mataramkota.bps.go.id/indicator/56/262/1/produksi-ikan-air-laut.html. diakses tanggal 7 November 2023.

Haris, H., & Nafsiyah, I. (2019). Formulasi campuran limbah ikan dan ikan rucah terhadap kandungan dan daya cerna protein tepung ikan. Majalah Biam, 15(2), 82-93.

Iwai, K., Diamahesa, W. A., Fukada, H., & Masumoto, T. (2021). Effects of a soybean lecithin-supplemented mealworm-containing diet on the growth performance and lipid utilization of common carp (Cyprinus carpio L.). Aquaculture Science, 69(1), 79-86.

Purnanila, D. (2010). Kajian perlakuan pendahuluan terhadap sifat kimiawi tepung ikan selama penyimpanan.

Sipayung, M. Y., Suparmi, S., & Dahlia, D. (2015). Pengaruh suhu pengukusan terhadap sifat fisika kimia tepung ikan rucah (Doctoral dissertation, Riau University).

Valen, F. S., Anjani, T. P. A., & Bidayani, E. (2023). PEMBUATAN PAKAN ALTERNATIF (BERBENTUK PASTA) BERBAHAN DASAR LIMBAH TEPUNG IKAN RUCAH DI DESA BATU BELUBANG KABUPATEN BANGKA TENGAH: THE ALTERNATIVE FEED PRODUCTION (PASTE-FORM) WITH TRASH FISH MEAL WASTE IN BATU BELUBANG, CENTRAL BANGKA. Buletin SWIMP, 3(01), 122-130.

Yusra, Y., Ulfah, M., & Mufti, D. (2021). Inovasi Konsep Zero Waste Pada Kelompok Pengolah Ikan di Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Vokasi, 5(2), 97-103.

Biografi Penulis

Wastu Ayu Diamahesa, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).