Peningkatan Kemampuan Apresiasi Sastra untuk Siswa SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah

Penulis

Nuriadi Nuriadi , Mh. Isnaini , M. Fadjri

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.608

Diterbitkan:

2021-01-29

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Apresiasi Sastra, Pengabdian Masyarakat, Penyuluhan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nuriadi, N., Isnaini, M., & Fadjri, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Sastra untuk Siswa SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.608

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Makalah ini ditulis berdasarkan kegiatan pengabdian yang dilangsungkan di SMA Negeri 1 Praya, Kabupaten Lombok Tengah pada Sabtu, 26 September 2020. Kegiatan ini berupa penyuluhan dengan sasaran siswa-siswa jurusan Bahasa dan Budaya dan guru-guru bahasa. Pembicaranya adalah Dr. H. Nuriadi S.S., M.Hum., Drs. Baharudin, M.Hum., M. Isnaini, MA., dan Dr. M. Fadjri, MA. Ditemukan bahwa kegiatan ini dipandang mempunyai manfaat yang cukup berarti yaitu diperolehnya pengetahuan baru terkait dengan sastra, yang mana materi tersebut bisa menjadi “wahana†mereka dalam mempelajari mata pelajaran bahasa dan sastra di dalam kelas serta juga bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler terkait pemajuan literasi di sekolah tersebut.  Selain itu, dengan adanya apresiasi, karya sastra tidak hanya berfungsi sebagai hiburan (dulce) saja tetapi juga sebagai media untuk memperoleh pelajaran (utile). Semua peserta menyetujui pandangan tersebut karenanya mereka semakin terdorong untuk membaca dan mengapresiasi sastra.

Referensi

Barnet, Sylvan et al. 1963. An Introduction to Literature: Fiction, Poetry, Drama. Second edition. Boston: Little, Brown and Company.

Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Hornby, AS. 1974. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Revised and Updated. Oxford: Oxford University Press.

Mahayana, Maman. 2007. “Apresiasi Sastra di Sekolahâ€,http://johnherf.wordpress. Com/2007/02/07/bahasa-dan-sastra-indonesia-di-sekolah. Diakses 11 Maret 2015.

Nuriadi. 2016. Theory of Literature: An Introduction. Mataram: Arga Puji Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Sastra dan Cultural Studies: Representasi Fiksi dan Fakta. Cetakan kedua. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. 2009. Education Management: Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Penerbit PT Grasindo

Biografi Penulis

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Mh. Isnaini, Universitas Mataram

M. Fadjri, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).