Workshop Teknik-Teknik Evaluasi Proses Pelaksanaan Pemenuhan Mutu Sebagai Dasar Pelaksanaan Merdeka Belajar di SMA NW Narmada Lombok Barat

Penulis

Sudirman Wilian , Nyoman Sridana , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.610

Diterbitkan:

2021-02-02

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Standar Mutu Pendidikan, Program Mutu

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wilian, S., Sridana, N., & Setiadi, D. (2021). Workshop Teknik-Teknik Evaluasi Proses Pelaksanaan Pemenuhan Mutu Sebagai Dasar Pelaksanaan Merdeka Belajar di SMA NW Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.610

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Mutu pendidikan SMA swasta di Kab Lombok Barat masih perlu ditingkatkan agar bisa memenuhi stándar nasional pendidikan. Kualitas pendidikan satuan pendidikan merupakan  tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan satuan pendidikan dengan Standar Nasional Pendidikan pada pendidikan menengah. Untuk bisa meningkatkan mutu tersebut diantaranya memiliki sistem penjaminan mutu internal yang  merupakan suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman kepada para guru secara komprehensif terkait dengan bagaimana ; Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu di SMA. yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat  ini adalah dalam bentuk  pelatihan atau workshop yang lebih berbasis pada praktek  langsung menyusun instrumen monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu, melaksanakan monitoring dan evaluasi pemenuhan mutu, menginterpretasi hasil dan menyusun tindak lanjut dari hasil tersebut berupa program mutu yang bisa menjamin peningkatan mutu di sekolah secara keseluruhan.  Data hasil pengabdian dikumpulkan melalui asesmen pengetahuan dan keterampilan mengenai pemetaan  mutu dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Guru peserta memiliki pemahaman komprehensif  tentang standar nasional pendidikan, mutu untuk setiap standar nasional pendidikan ;dan  terampil dalam mendesain instrumen-instrumen untuk monitoring pemenuhan mutu, dan untuk evaluasi  pemenuhan, monev pelaksanaan pemenuhan  mutu serta dalam menginterpretasi data hasil monev pelaksanaan pemenuhan mutu khususnya untuk tidak lanjut dari hasil pemenuhan  mutu di sekolah.

Referensi

Damanik, J. 2015. Upaya dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. J D P, Vol. 8 (3) 151-160.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Oleh Satuan Pendidikan. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hidayah,I., Susilowati, E., dan Sukirman. 2014. Analisis Pembiayaan Pendidikan SMA dI Kota Semarang. Riptek Vol. 8 (2) 13 – 22.

Jekti, D. S. D., Bachtiar, I., Sedijani, P. Zulkifli, L. dan Setiadi, D., 2018. Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E : Kajian Kritis Hasil Workshop Guru Guru Anggota MGMP IPA Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. (1) 1 : 12 - 19

Jufri, A. W., Suryanti, N.M.N., Amin, M., Jaelani, A. K. dan Setiadi, D. 2019. Workshop Teknik Pembimbingan dan Penilaian Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru-Guru Anggota KKG di Kota Mataram . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. (2) 2 : 133-138.

Mahsun, H. 2013. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Media Bina Ilmiah. Vol. 7 (6).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Pemerintah Republik Indonesia.

Puspitasari, H. 2017. Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage. Vol. 1 (2).

Raharjo, S. B. 2014. Kontribusi Delapan Standar Nasional Pendidikan Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20 (4)

Ramdani, A., Witono, A. H. dan Sukardi, 2018. Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. (1) 1 : 32-36.

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sridana, N., Wilian, W. dan Setiadi, D. 2018. Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, (1) 1 : 45 – 51.

Wilian, S., Wildan, Sridana, N., dan Setiadi, D., 2019. Workshop Teknik-Teknik Pemetaan Mutu Pendidikan di Satuan Pendidikan Bagi Guru-Guru di SMA Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, (2) 2 : 122-126.

Biografi Penulis

Sudirman Wilian, Universitas Mataram

Nyoman Sridana, Universitas Mataram

Dadi Setiadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).