Introduction of fishi-based PMT (Supplementary Feeding) menu in an effort to socialize Gemarikan to the management of the Cucumber Posyandu Teluk Village, South Purwokerto

Penulis

Any Kurniawati , Mahardhika Nur Permatasari , Nurchamidah , Nuning Vita Hidayati , Ahmad Naufal Attaqi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6114

Diterbitkan:

2023-12-28

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

PMT; Ikani; Posyandu; Gemarikan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kurniawati, A., Permatasari, M. N. ., Nurchamidah, Hidayati, N. V. ., & Attaqi, A. N. . (2023). Introduction of fishi-based PMT (Supplementary Feeding) menu in an effort to socialize Gemarikan to the management of the Cucumber Posyandu Teluk Village, South Purwokerto. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1449–1452. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6114

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di pengurus Posyandu Mentimun, Kelurahan Teluk, Kabupaten Banyumas yang merupakan wadah pelayanan kesehatan dan gizi balita. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan tambahan bagi pengurus Posyandu dan juga untuk membantu memasyarakatkan program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan), sehingga dalam memberikan makanan tambahan (PMT) lebih bervariatif dan mempunyai nilai gizi yang baik serta mengandung protein hewani. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu penyuluhan secara insidental secara luring mengikuti jadwal pertemuan rutin pengurus posyandu. Tahapan yang dilakukan diawali dengan melakukan pre test untuk mengetahui wawasan pengurus sebelum diberikan materi, selanjutnya dilakukan pemberian materi pentingnya inovasi PMT berbasis ikani dan tahapan terakhir dari kegiatan ini yaitu dilakukan post test untuk mengetahui daya serap terhadap materi yang telah diberikan. Antusiasme pengurus sangat terlihat dengan keaktifan saat diskusi. Berdasarkan hasil nilai rekapitulasi nilai, terjadi peningkatan sebesar 35% dengan nilai keseluruhan diatas 80, sehingga dapat dikatakan bahwa pengurus telah mampu mencerna dengan baik materi yang telah disampaikan.

Referensi

Kementerian Perikanan dan Kelautan. (2018). GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan): Upaya Peningkatan Gizi Sejak Dini. https://kkp.go.id/. Diakses tanggal 09 November 2023.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2023. Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. 09fb5b8ccfdf088080f2521ff0b4374f.pdf (kemkes.go.id).

Kurniawati, A., Laksmi P.A., Hikmah Y., Mardiyana. 2023. Pengenalan dan Pelatihan pembuatan Sosis Udang Pada UMKM Ngombol Jempol, Kabupaten Purworejo. Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan, Vol 5 (2): 280-287.

Naulia, R.P., Hendrawati, H., Saudi, L. 2021. Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pemenuhan Nutrisi Balita Stunting. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Vol 10 (02): 95-101.

Wardhana, M.F., Hadibrata, E. 2021. Optimalisasi Sumber Daya keluarga Sebagai upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai. 51-54.

Biografi Penulis

Any Kurniawati, Universitas Jenderal Soedirman

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).