Edukasi Pembuatan Gel Ekstrak Daun Sukun Sebagai Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Osteoartritis Di Desa Tanjung Pering

Penulis

Fitrya Fitrya , Mokhamad Yusup Nur Khakim , Akhmad Aminuddin Bana , Muharni

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6156

Diterbitkan:

2023-12-15

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Oesteoartritis, desa Tanjung Pering, Gel, Esktrak daun sukun

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fitrya, F., Khakim, M. Y. N. ., Bana, A. A., & Muharni. (2023). Edukasi Pembuatan Gel Ekstrak Daun Sukun Sebagai Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Osteoartritis Di Desa Tanjung Pering. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1264–1267. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6156

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Osteoartritis (OA) adalah bentuk dari arthritis yang berhubungan dengan degenerasi tulang dan kartilago yang paling sering terjadi pada usia lanjut. Prevalensinya meningkat seiring bertambahnya usia dan melebihi 40% pada orang di atas 70 tahun. Pengobatan OA dengan anti inflamasi nonsteroid (NSAID) menimbulkan efek samping utama seperti ulserasi gastrointestinal, perforasi usus, risiko kardiovaskular, hepatotoksisitas dan gagal ginjal setelah penggunaan jangka panjang. Penggunaan tumbuhan dalam pengobatan telah menarik banyak perhatian karena mudah didapat, efektivitas dan keamanan. Salah satu tanaman berkhasiat mengatasi OA adalah daun Sukun. Daun Sukun mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang efektif mengatasi berbagai penyakit degeneratif, termasuk OA. Kegiatan ini bertujuan mengmberikan edukasi tentang pemanfaatan ekstrak daun sukun untuk mengobati osteroartritis dan cara mengolahnya menjadi gel agar lebih mudah diaplikasikan. Kegiatan edukasi pembuatan gel ekstrak daun sukun telah dilaksanakan di desa Tanjung Pering Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. dan diikuti 32 peserta. Kegiatan ini bermanfaat menambahkan pengetahuan masyarakat tentang obat herbal dan manfaat daun sukun dan cara mambuat gel dari ekstrak daun sukun.

Referensi

Chun J.M., Kim H.S., Lee A.Y., Kim S.H., Kim H.K. 2016. Anti-inflammatory and antiosteoarthritis effects of saposhnikovia divaricata ethanol extract: In vitro and in vivo studies. Evidence-Based Complement Altern Med. vol 2016, hal 1–8. doi.org/10.1155/2016/1984238.

Fitrya, Muharni, Khakim M.Y.N., 2021. Edukasi Pencegahan Penyakit Menular Hepatitis Dan Sosialisasi Pengobatan Menggunakan Herbal Medicine Di desa Indralaya Mulya. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4 hal 623-629.

Kakatum, N., Pinsornsak P., Kanokkangsadal P., Ooraikul B., Itharat A. 2021. Efficacy and Safety of Sahastara Remedy Extract Capsule in Primary Knee Osteoarthritis: A Randomized Double-Blinded Active-Controlled Trial. Evidence-Based Complement Altern Med. vol 2021, hal 1–10. doi.org/10.1155/2021/6635148.

Leng L.Y., Nuramira N., Khor C.Y. 2018. Norawanis A.R. Antioxidant and Total Phenolic Content of Breadfruit (Artocarpus altilis) Leaves Proceeding of MATEC Web of Conferences 150, hal 1-4.

Sholikha M., Amelia F., Suci A.N. 2021. Formulasi Dan Evaluasi Gel Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus altilis) Sebagai Antioksidan dan Inhibitor Tirosinase. Sainstech Farma, vol 14, hal 34-39.

Tambunan, S., Sulaiman, T.N.S. 2018. Formulasi Gel Minyak Atsiri Sereh dengan Basis HPMC dan Karbopol. Majalah Farmaseutik vol. 14, hal 87-95.

Biografi Penulis

Fitrya Fitrya, Universitas Sriwijaya

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).