Pemulihan Wisata Pantai Telawas Era New Normal dengan Menerapkan Protokol Destinasi di Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat

Penulis

Lalu Iqra Hafiddin , Lalu Rizki Rensa Kurniawan , Lalu Sofyan Assauri , Khaeril Ammar , Irpan Manik Pujiana , Nuriadi Nuriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.616

Diterbitkan:

2021-02-04

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Protokol Destinasi, Destinasi Wisata Era New Normal

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hafiddin, L. I., Kurniawan, L. R. R., Assauri, L. S., Ammar, K., Pujiana, I. M., & Nuriadi, N. (2021). Pemulihan Wisata Pantai Telawas Era New Normal dengan Menerapkan Protokol Destinasi di Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.616

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pariwisata merupakan sektor industry yang penting untuk menigkatkan pendapatan masyarakat dan Negara. Kompleksitas dari Pandemi Covid – 19 telah merubah pola interaksi social tak terkecuali sektor pariwisata. Perencanaan dan pemulihan dalam sektor pariwisata melalui penerapan protocol kesehatan mulai dari edukasi, penggunaan masker, menyediakan  hand sanitaizer di titik keramiaan destinasi, dan pemasangan pamphlet/baner untuk mematuhi protocol kesehatan. Tujuan dari program ini untuk memulihkan kembali destinasi wisata yang ada di Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah guna mengembalikan pendapatan masyarakat yang sempat turun drastis akibat pandemic Covid – 19 dengan bersandar pada protocol kesehatan. Program ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian pengolahan data di analisis yang disajikan dalam bentuk kesimpulan. Hasil dari program ini berupa panduan pemulihan pariwisata yang berbasis pada protocol kesehatan yang akan disebut sebagai protocol destinasi wisata.

Referensi

Setiawan, Johan dan Anggito, Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Gugus tugas percepatan penanggulangan covid 19, 2020. Paket Panduan Lintas Sektor Tanggap COVID-19 – menuju situasi ‘normal yang baru’.

Kemenkes RI, 2020. Surat Edaran Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease ( Covid-19) di Tempat Kerja Sektor Jasa dan Perdagangan (area publik).

Kemenpar RI, 2018. SOP Pengelolaan Krisis Kepariwisataan.

Taufan Rahmadi dan Liliek Setiawan. Buku Panduan Destinasi Pemulihan Wisata Era New Normal 2020.

Permana, Adi. 2020. “Dr. Nuning Nuraini bersama Tim SimcovID Sampaikan Kajian Ilmiah Terbaru Pandemi COVID-19 di Indonesia.†Retrieved April 14, 2020, from https://www.itb.ac.id/news/read/57461/ home/dr-nuning-nuraini-bersama-tim- simcovid-sampaikan-kajian-ilmiah- terbaru-pandemi-covid-19-di-indonesia.

Soekadijo, R. G. 2000. Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata Sebagai Systemic Linkage. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Spillane, James J. 1987. Pariwisata di Indonesia Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Suwantoro, Gamal. 2001. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wahab, Salah. 2003. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paranita.

Yurianto, Kirana Pritasari, Bambang Wibowo, And Siswanto. 2020. Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat Covid-19 di Indonesia.

World Travel & Tourism Council, 2020. Leading Global Protocols for the New Normal.

Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Biografi Penulis

Lalu Iqra Hafiddin, Universitas Mataram

Lalu Rizki Rensa Kurniawan, Universitas Mataram

Lalu Sofyan Assauri, Universitas Mataram

Khaeril Ammar, Universitas Mataram

Irpan Manik Pujiana, Universitas Mataram

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).