Pengembangan Ekonomi Pelaku Usaha Rumah Tangga di Desa Rempung Lombok Timur

Penulis

Hailuddin Hailuddin , Mukmin Suryatni , Irwan Suriadi , Endang Astuti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.617

Diterbitkan:

2021-02-05

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Usaha rumahan, Usaha bersama, Pemberdayaan, Manajemen usaha

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hailuddin, H., Suryatni, M., Suriadi, I., & Astuti, E. (2021). Pengembangan Ekonomi Pelaku Usaha Rumah Tangga di Desa Rempung Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.617

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengembangan ekonomi khususnya untuk usaha rumah tangga dimaksudkan untuk penggalian potensi-potensi kemandirian dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan dan pengembangan ekonomi dalam pengelolaan sumber daya potensial secara berkelanjutan. Terkait dengan hal itu, pembinaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, pengetahuan dan tehnik dalam mengelola dan mengembangkan usaha  yang dijalani, baik secara individu maupun berkelompok bagi masyarakat. Dengan berlandaskan pada subtansi yang dimaknai bahwa penataan dan pengembangan usaha rumahan ini berlandaskan pada  ketersediaan sarana produksi lokal, pengolahan dan penataan output yang dikendalikan oleh masyarakat secara mandiri dan berkesinambungan.  Subyek dari kegiatan ini adalah kelompok maupun individu para pelaku usaha rumahan di Desa Rempung Lombok Timur. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini menggunakan metode diskusi, ceramah dan ramah tamah. Hasil dari kegiatan ini adalah banyaknya hal yang diungkapkan oleh peserta dalam memulai usaha, seperti bagaimana membangun usaha, apa persiapannya, bagaimana dengan permodalan, pemasarannya kemana dan lain-lain. Karena itu tim mengajak mereka dulu untuk membangun kemitraan usaha bersama untuk menampung permasalahan usaha yang mereka tekuni. Selanjutnya dipaparkan tentang bagaimana menekuni suatu usaha dan dilanjutkan dengan penjelasan tentang pengetahuan manajemen usaha. Ahirnya harapan tim penyuluh, mereka bisa melakukan usaha dengan pemahaman perencanaan usaha serta motivasi  untuk membangun dan menekuni usaha mereka dengan baik agar bisa berkembang.

Referensi

Bana, M, Yahya, 2002, Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan daerah Kabupaten Alor Propinsi Nusa Tenggara Timur, Fakultas Ekonomi, UGM, Yogyakarta.

Bratakusumah, DS dan Solihin Dadang, 2004, Otonomi Penyelenggraan Pemerintahan Daerah, PT Gramedia, Jakarta.

Halim, Abdul, 2001, Manajemen Keuangan Daerah, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2004, Otonomi & Pembangunan Daerah Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Labni, 2005, Analisis Perbandingan Pemeringkatan Kemampuan Keuangan Daerah pada Pemerintah Daerah Se-Pulau Sumbawa, Mataram.

Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Andi Offset, Yogyakarta.

Robinson B. Richard dan Pearce A. John, 1997, Manajemen Strategik; Formulasi, Implementasi dan Pengendalian Jilid I, Binarupa Aksara, Jakarta.

Sumardi. 1986. Pembangunan dan Kemiskinan. Bulan Bintang. Rajawali Jakarta

Suseno Triyanto, WHg. 1990. Pembangunan Ekonomi. Kanisius. Yogyakarta

Biografi Penulis

Hailuddin Hailuddin, Universitas Mataram

Mukmin Suryatni, Universitas Mataram

Irwan Suriadi, Universitas Mataram

Endang Astuti, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).