Pelatihan Membuat Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik Sebagai Strategi Peningkatan Ekonomi Dimasa Pandemi Di Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Sri Rizkiyani , Sri Puji Astuti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.620

Diterbitkan:

2021-02-18

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Sampah plastik, Barang kerajinan tangan, Dusun Tato Desa Sandik, Lombok Barat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rizkiyani, S., & Astuti, S. P. (2021). Pelatihan Membuat Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik Sebagai Strategi Peningkatan Ekonomi Dimasa Pandemi Di Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.620

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Dusun Tato, Desa Sandik, Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat merupakan lokasi tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat Dusun Tato dalam memanfaatkan sampah plastik menjadi barang kerajinan tangan yang bernilai ekonomi tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2020 yang mencakup sosialisasi, pelatihan, pembinaan, dan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh 17 peserta yang terdiri atas kelompok anak-anak, remaja putri, dan ibu rumah tangga. Peserta berasal dari Dusun Tato dan sekitarnya. Pelatihan ini menggunakan pendekatan Forum Group Discussion. Sosialisasi yang diberikan mencakup dampak negatif sampah plastik bagi lingkungan, berbagai potensi pemanfaatan sampah plastik, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan kerajinan tangan. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan barang kerajinan tangan. Hasil survei menunjukkan peserta sangat antusias dan memberikan respon yang cukup baik selama kegiatan berlangsung maupun setelahnya. Selain itu, permintaan untuk tetap dilakukannya pembinaan hingga peserta benar-benar terampil membuat barang kerajinan tangan.

Referensi

Astuti S P., Kurnianingsih R., Ghazali M., Aryanty E., Mulyaningsih T. 2018. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Menjadi MOL Kompos dan Barang Kerajinan Tangan. Jurnal Abdi Insani. vol (5) 1 maret. p 27-33.

Chanel Muslim Media Online Keluarga. 2018. Universitas Mataram Latih Ibu-ibu Olah Sampah Plastik Kresek. https://chanelmuslim.com/berita/universitas-mataram-latih-ibuibu-olah-sampah-plastikkresek. Diakses tanggal 2 Februari 2021.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta jaya.

Indonesia-Environmental Services Program–United State of Agency for International Development (ESP-USAID). Modul Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Environmental Service Program, Jakarta, 2010.

Biografi Penulis

Sri Rizkiyani, Universitas Mataram

Sri Puji Astuti, Universitas Mataram

Fakultas MIPA, Program Studi BIologi

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).