Budidaya Dan Olahan Jamur Tiram Sebagai Penggerak Panti Asuhan Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

Narita Amni Rosadi , Baiq Dewi Lita Andiana , Mimi Cahayani

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.626

Diterbitkan:

2021-02-09

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Budidaya jamur tiram, Panti asuhan Hidayaturrahman.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rosadi, N. A., Andiana, B. D. L., & Cahayani, M. (2021). Budidaya Dan Olahan Jamur Tiram Sebagai Penggerak Panti Asuhan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.626

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat merupakan kegiatan pengamalan ilmu pengetahuan kepada masyarakat dalam kegiatan ini adalah pada siswa/siswi di panti asuhan Hidayaturrahman. Panti asuhan ini lokasinya di Desa Turide Timur Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar. Dalam kegiatan Pengabdian ini para dosen pada Fakultas Pertanian dan fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-azhar Mataram berbagi ilmu kepada siswa/siswi tentang bagaimana membudidayakan jamur tiram secara berkualitas dengan hasil yang maksimal. Hasil budidaya ini juga kami bantu untuk bisa diolah dengan memberikan skill cara pengolahan jamur tiram sehingga bisa menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi yaitu berupa keripik jamur crispy dan nugget yang kedepannya diharapkan dapat menjadi sumber perekonomian siswa/siswi. Pada tahap berikutnya kami memberikan pengetahuan tentang cara pembukuan sederhana supaya hasil penjualan dari jamur dan olahan jamur dapat diketahui dan tercatat rapi. Metode dalam penyampaian materi ini yaitu “Discussion and Coaching in actionâ€. Metode ini diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar siswa/siswi panti asuhan sehingga materi yang diberikan terserap dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menumbuhkembangkan Budidaya dan Olahan Jamur Tiram Sebagai Penggerak Panti Asuhan pada masa Pandemi adalah solusi yang ditawarkan dalam gerakan berbasis sumberdaya lokal dan pendapatan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Referensi

Agustina, W. (2014). Karya Tulis Ilmiah. Budidaya Jamur Tiram, PT Agromedia Pustaka. Yogyakarta.

BPS. (2013). Potensi Pertanian Indonesia.bps.go.id

Enjo, S. (2015). Budidaya jamur Tiram Media Kardus. PT Agromedia Pustaka. Jakarta Selatan.

Nurul, H., Lilik, S., Elis, N. (2013). Studi Pertumbuhan dan Hasil Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Pada Media Tumbuh Jerami Padi dan Serbuk Gergaji. Jurnal Produksi Tanaman. 1(1), hal:47-53.

Retno, D.S., & Amalia. (2017). Analisis Usahatani Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) di kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pertanian 13 (2).

Zulfarina, E.S, Yustina R.A.P., & Hendra T. (2019). Budidaya Jamur tiram dan Olahan Untuk Kemandirian Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Indonesia Journal of Community Engagement), 5 (3), hal:358-370

Biografi Penulis

Narita Amni Rosadi, Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Baiq Dewi Lita Andiana, Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Mimi Cahayani, Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).