Pengembangan Produk Kopi Mangrove Masyarakat Pesisir Cilacap

Penulis

Isnaini Prihatiningsih , Riyanti , Rizqi Rizaldi Hidayat , Mukti Trenggono , Sapto Pamungkas

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6305

Diterbitkan:

2024-02-27

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Kopi Mangrove, pengolahan mangrove, Cilacap

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Prihatiningsih, I., Riyanti, Hidayat, R. R. ., Trenggono, M. ., & Pamungkas, S. . (2024). Pengembangan Produk Kopi Mangrove Masyarakat Pesisir Cilacap. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 34–39. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6305

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ekosistem mangrove memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi kehidupan masyarakat pesisir khususnya di Pesisir Cilacap. Kegiatan pengembangan usaha berbasis pemanfaatan sumber daya di masyarakat Pesisir Cilacap yaitu pengolahan buah Mangrove mulai dilaksanakan. Namun kurangnya pengetahuan dalam pengolahan buah mangrove menjadi permasalahan bagi Masyarakat di Pesisir Cilacap. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pengolahan buah mangrove menjadi kopi mangrove. Kopi mangrove yang ditanam di sekitar hutan mangrove, memiliki karakteristik rasa yang unik dan berkualitas tinggi. Pengembangan produk kopi mangrove juga memberikan dampak positif terhadap pelestarian hutan mangrove dan lingkungan pesisir. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan dengan menggunakan 2 pendekatan yaitu teori dan praktik.   Materi   yang   disampaikan   pengetahuan umum tentang pentingnya ekosistem mangrove, pemanfaatan ekosistem mangrove, pembuatan kopi mangrove. Produksi kopi mangrove perlu terus didukung dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir Cilacap sambil mempertahankan kelestarian lingkungan mangrove yang sangat berharga.

Referensi

Hasan, W., Hatta, A.S., Sri Wahyuningsi Winowoda, G., Rizal Pontoh, M.A., Putri Mayasari Pakaya, A., Nteseo, F., Thalib, N., Djalilu, Y., Pakaya, Z., Ishak, R. 2022. Pemanfaatan Buah Mangrove Menjadi Kopi Mangrove di Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Dikmas J. Pendidik. Masy. dan Pengabdi. 2, 801–806, doi:10.37905/DIKMAS.2.3.801-806.2022.

Hartati, R., Nuraini, R.A.T., Redjeki, S., Riniatsih, I., Tugu, K., Harapan, T., Wetan, M. 2020. Perbaikan Kualitas Kopi Mangrove Pada Kelompok Tunas. Semnas PPM Undip. 2–5.

Hidayat, M. T. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Kopi Mangrove (Rhizopora Stylosa) Di Mitra Pokmaswas Desa Lembung. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia. 6(4), 1842–1858.

Noor, Y. S., Khazali, M., Suryadiputra I. N. N. 2006. Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP, Bogor.

Puspaningrum, D., Suleman, V., Mutia, A.K., Bachtiar, B., Djabar, M., Moonti, R.M., Ernikawati, E., Ruruh, A., Karim, R., Dusa, R. 2022. Pemanfaatan Buah Mangrove Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat Dan Kelestarian Mangrove. Insan Cita, 4(1).

Sanjatmiko, P., Wahyono, Rahmawati, P., Bahtiar, M.R. 2017. Kekayaan Potensi Mangrove Segara Anakan, Cilacap: Dengan Latar Belakang Masyarakat Kampung Laut yang Gigih Berjuang. Departemen Antropologi, FISIP, Universitas Indonesia. ISBN 978-602-73846-8-2.

Sentoso, M.S., Ardi, A.C., Rahmasari N.A., Millenia, R.A., Bangun, J.A.C., Puspasari, A.D., Budi, N.P.N., Putra, R.W., Jovenski, T.W., Dampi, A., Kristianto, I.I. (2021). Pemanfaatan buah mangrove menjadi olahan makanan/minuman di Desa Jangkaran, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 1(1), 20-25.

Biografi Penulis

Isnaini Prihatiningsih, Universitas Jenderal Soedirman

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).