Sosialisasi Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Gula Semut Di Desa Dasan Geria, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat

Penulis

  • Ni Made Wirastika Sari
  • Baiq Rika Ayu Febrilia
  • Kisman
  • Hery Haryanto
  • Nurrachman
  • Dwi Praptomo Sudjatmiko
  • Pande Komang Suparyana
  • Idiatul Fitri Danasari
  • Ni Made Nike Zeamita Widiyanti
  • I Made Arya Budhi Saputra

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6316

Kata Kunci:

Sosialisasi; Strategi Pemasaran; Gula Semut

Abstrak

Pelaku usaha gula semut yang berlokasi di Desa Dasan Geria Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat masih melakukan kegiatan pemasaran produknya terbatas pada pasar lokal yang berakibat kepada rendahnya tingkat penjualan produk. Untuk mengatasi permasalahan ini, pelaku usaha perlu mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran produk gula semut di Desa Dasan Geria Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Dasan Geria dengan peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 32 peserta. Metode yang digunakan adalah partisipatif interaktif yang mendorong peserta untuk terlibat secara aktif dan langsung. Rangkaian kegiatan pengabdian ini secara umum dibagi menjadi tiga tahapan, dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Pada kegiatan perencanaan tim melakukan perancangan alur kegiatan. Kegiatan pelaksanaan berupa pemaparan materi oleh tim dan kegiatan evaluasi dilakukan dengan proses tanya jawab antara pemateri dan peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pemahaman pelaku usaha terhadap strategi pemasaran produk gula semut mengalami peningkatan yang ditunjukkan melalui respon dan antusias peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan pengabdian juga berlangsung lancar tanpa adanya kendala berarti.

Referensi

Anastasia, M. and Oktafia, R., 2021. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 4(2): 431-444.

Budiarto, S. 2020. Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co di Kandatel Jakarta. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 3(1).

Evasari, A.D., 2020. Strategi Pemasaran Islami Dengan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. ISTITHMAR: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 4(1).

Junita, A., Meutia, R., Andiny, P. and Wahyuningsih, P., 2022. Standarisasi Produk dan Penetapan Strategi Pemasaran Gula Semut Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk di Desa. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1): 49-54.

Mustaufik, M., 2018. Peningkatan mutu produksi dan pemasaran gula semut beriodium di koperasi serba usaha (KSU) Ligasirem Sumbang-Banyumas. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 19(1): 68-84.

Pratama, A.K.Y., Wisdaningrum, O. and Nugrahani, M.P., 2020. Pendampingan dan Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Gula Semut. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2): 275-284.

Sulistiyani, S., Pratama, A. and Setiyanto, S., 2020. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2): 31.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-24

Cara Mengutip

Sari, N. M. W., Febrilia, B. R. A. ., Kisman, Haryanto, H. ., Nurrachman, Sudjatmiko, D. P. ., Suparyana, P. K. ., Danasari, I. F. ., Widiyanti, N. M. N. Z. ., & Saputra, I. M. A. B. . (2023). Sosialisasi Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Gula Semut Di Desa Dasan Geria, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1156–1162. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6316