Peran Media Informasi sebagai Sarana Penunjang Wisata Kolam Manggong Desa Batu Kumbung

Penulis

Muhammad Cahyadin , Santi Ladiansari , Hibatunnur Hibatunnur , Asmarita Asmarita , Oky Maya Selhari , Cathur Septian Raharjo , Wahyu Fitriani , Nurfadillah Armita , Arya Saqi Bimantara , Fajrin Saputra , Nuriadi Nuriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.633

Diterbitkan:

2021-03-05

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Desa Wisata, Media, Informasi, Desa Batu Kumbung

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Cahyadin, M., Ladiansari, S., Hibatunnur, H., Asmarita, A., Selhari, O. M., Raharjo, C. S., … Nuriadi, N. (2021). Peran Media Informasi sebagai Sarana Penunjang Wisata Kolam Manggong Desa Batu Kumbung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.633

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Batu Kumbung merupakan salah satu Desa dari 10 Desa yang berada di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Desa ini terdiri dari 8 Dusun, salah satunya Dusun Manggong yang memiliki potensi berupa mata air yang dijadikan kolam renang dan menjadi pusat wisata desa Batu Kumbung, yakni wisata air kolam manggong. Berbeda dengan kebanyakan kolam renang lainnya, air kolam manggong bersumber dari mata air alami yang akan membuat pengunjung merasakan sensasi dingin dan segar ketika berendam. Meski demikian, kolam renang ini masih kurang dikenal oleh masyarakat yang berasal dari luar Desa dikarenakan kurangnya informasi dan promosi mengenai tempat wisata ini sehingga diperlukan media informasi dan promosi. Program ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Adapun hasil yang didapatkan dari program ini berupa adanya media informasi di kawasan wisata kolam renang Manggong desa Batu Kumbung kecamatan Lingsar yang dapat dilihat oleh wisatawan.

Referensi

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Danim, Sudarwan. 2000. Menjadi Peneliti Kualitatif.

Bandung: Pustaka Setia

Biografi Penulis

Muhammad Cahyadin, Universitas Mataram

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).