Pelatihan dan Pendampingan Budidaya Lele Dumbo (Clarias sp.) di Desa Tawangargo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Penulis

R Adharyan Islamy

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6409

Diterbitkan:

2024-02-27

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Budidaya Perikanan, Ikan Air tawar, Kolam, Pengabdian Desa

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Islamy, R. A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Budidaya Lele Dumbo (Clarias sp.) di Desa Tawangargo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 30–33. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6409

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Budidaya ikan air tawar saat ini semakin maju ditunjang meningkatnya sarana prasarana memadai berupa peralatan perikanan, makanan obat-obatan, teknik budidaya yang disempurnakan maupun penaggulangan dan pencegahan hama dan penyakit ikan. Mitra Kegiatan Hibah Pengandian Masyarakat ini adalah Kelompok Tani di Desa Tawangargo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Tawangargo adalah suatu desa yang secara geografis terletak di Kecamatan Karangploso Kabupate Malang. Berdasarkan hasil survey, terdapat permasalahan mengenai (1) Beberapa kolam terdapat ikan lele yang mengalami stress dan kematian, bahkan hampir setiap hari selalu ada yang mati, salah satunya saat pergantian air dimulai. (2) Banyak gejala penyakit yang muncul, seperti luka, kulit mengelupas, jamur. (3) Tidak adanya ketentuan pengurasan kolam air ikan. (4) Terdapat ikan lele yang berwarna merah kecoklatan. (5) Ukuran tubuh ikan lele yang tidak sama per kolam, bahkan yang seharusnya bobot ikan besar dan waktunya siap untuk dipanen, tetapi ikan lele kebanyakan cenderung berukuran kecil dibandingkan kolam yang lainnya. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang pengelolaan budidaya ikan air tawar, (2) mitra memiliki keterampilan mengolah sumber daya alam yang ada di sekitar, (3) pemanfaatan lahan kosong.

Referensi

EKSPLOITASI (Kajian terhadap Danau Pulau Besar dan Danau Bawah Zamrud Kabupaten Siak Provinsi Riau). Jurnal PERIKANAN dan KELAUTAN 15,2 (2010) : 121-131.

Hartati S, Lumentut HB. 2015. Sistem pendukung keputusan untuk memilih budidaya ikan air tawar menggunakan AF-TOPSIS. IJCCS. 9(2) : 197-206.

Hendrik, 2010. POTENSI SUMBERDAYA PERIKANAN DAN TINGKAT

Oktaviani R, Firdaus M, Rakhman AN. 2017. Rantai nilai pada budidaya kolam ikan air tawar di Kota Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. 3(3) : 477- 485.

Supriyanto, M., & Wiwoho, R. D. (2017). Studi kelayakan usaha dan strategi pengembangan usaha budidaya ikan lele Di Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Jurnal AKSI, 2(1), 43-55.

Wowor, I. V., Pangemanan, J. F., & Lumenta, V. 2016. Analisis Kelayakan Usaha Budi Daya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Sistem Karamba Jaring Tancap di Desa Paslaten Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 4(8).

Biografi Penulis

R Adharyan Islamy, Brawijaya University

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).