Bimbingan Teknis Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Membuat Manuskrip Artikel Ilmiah di Fakultas MIPA Universitas Mataram

Penulis

Mamika Ujianita Romdhini , Dhony Hermanto , Saprini Hamdiani , Siti Raudhatul Kamali , Nurul Ismillayli

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6412

Diterbitkan:

2024-02-20

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Bimbingan teknis, Artificial intelligence, Artikel ilmiah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Romdhini, M. U., Hermanto, D. ., Hamdiani, S. ., Kamali, S. R. ., & Ismillayli, N. . (2024). Bimbingan Teknis Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Membuat Manuskrip Artikel Ilmiah di Fakultas MIPA Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 40–43. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6412

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu indikator kinerja dosen adalah publikasi artikel ilmiah dalam jurnal bereputasi internasional yang harus diiringi dengan kemampuan dosen untuk membuat manuskrip artikel ilmiah yang berkualitas. Di sisi lain, kemajuan teknologi yang cepat membawa banyak perubahan dan memerlukan terobosan-terobosan teknis. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah salah satu kemajuan teknis yang memiliki potensi besar dalam mendukung kinerja dosen. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen-dosen Fakultas MIPA Universitas Mataram dalam menggunakan AI dalam membuat manuskip artikel ilmiah. Bimbingan teknis yang dilakukan menggunakan pendekatan praktis dan konseptual dengan metode Focus Group Discussion (FGD). Lokasi pengabdian yang dipilih adalah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tim Pengabdian kepada Masyarakat telah melakukan bimbingan teknis ini kepada dosen-dosen hingga tersusunnya manuskrip artkel ilmiah yang siap dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Di masa mendatang, kegiatan ini diharapkan dapat diselenggarakan di tingkat program studi.

Referensi

Ali, M., Aryana, I. G. P. M., Hakim, A. Ansari, B., Sudiarta, I. W., Hilyana, S., Sudantha, I. M., Misbahuddin, dan Sudika, I. W. (2021). Rencana Induk Penelitian Universitas Mataram 2020-2024. LPPM Unram Press: Mataram.

Basuki dan Satwiko, P. (2021). Peran Artifical Intelligence dalam Tahap Perencanaan dan Perancangan Desain Arsitektur. Journal of Digital Architecture, 1(1), 52. DOI: 10.24167/joda.v1i1.3682

Giglio, A. D. dan da Costa, M. U. P. (2023). The Use of Artificial Intelligence to Improve the Scientific Writing of Non-Native English Speakers. Revista da Associacao Medica Brasileira 69(9), 1-5. DOI: 10.1590/1806-9282.20230560

Karadogan, A. (2023). A Bridge Between Technology and Creativity: Story Writing with Artificial Intelligence Journal of Human and Social Sciences, 6(2), 406-423. DOI: 10.53048/johass.1368950

Mustofa, Z., Arifatuzzahro, A., Nazira, A., Wahyuni, R. D. dan Muminin, A. (2023). Pengaruh Penerapan Artificial Intellegence Pada Kehidupan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 4(1), 106–116. DOI: 10.58326/jurnallisyabab.v4i1.184

Tim Penyusun. (2020). Rencana Strategis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram Tahun 2020-2024. FMIPA Unram: Mataram.

Biografi Penulis

Mamika Ujianita Romdhini, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).