Pemberdayaan Masyakarat Melalui Hilirisasi Air Dusun Ujung Ketangga, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur

Penulis

M. Ali Fikri , Siti Atikah , Elin Erlina Sasanti , Yusifa Pascayanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6414

Diterbitkan:

2023-12-06

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Air, Hilirisasi, Masyarakat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fikri, M. A. ., Atikah, S. ., Sasanti, E. E. ., & Pascayanti, Y. . (2023). Pemberdayaan Masyakarat Melalui Hilirisasi Air Dusun Ujung Ketangga, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6414

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu daerah yang terkena dampak parah akan musim kekeringan ini adalah masyarakat di dusun Ujung Ketangga Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Sejak puluhan tahun Masyarakat menginginkan kebutuhan air bersih dan membeli air  atau mengambil air di sumur yang jauh jaraknya. Diihat dari struktur kawasannya yang terletak di pinggir pantai, tersedianya sumber daya air tawar sangat jarang ditemui. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas sumber air bagi warga untuk pengentasan kemiskinan. Langkah awal dalam implementasi kegiatan ini adalah membuat sumur bor bagi warga dan pemasangan mesin air, dan penyaluran air bersih ke rumah warga menggunakan pipa. Program dilaksanakan secara intensif melalui proses penyusunan dan pendampingan dan sosialisasi masyarakat di dusun Ujung Ketangga Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Kegiatan ini sangat mendukung kebutuhan dasar masyarakat terutama meringankan beban warga yang berhubungan dengan air bersih.

Referensi

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).