Pelatihan Pembuatan Preparat Mitosis Pada Guru-Guru Biologi Di Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

I Gde Mertha , Imam Bachtiar , I Wayan Merta , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6445

Diterbitkan:

2023-12-06

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Analisis Karyotipe, Kromosom, Preparat Squash

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mertha, I. G. ., Bachtiar, I. ., Merta, I. W. ., & Bahri, S. . (2023). Pelatihan Pembuatan Preparat Mitosis Pada Guru-Guru Biologi Di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1188–1194. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6445

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pembelajaran genetika dan biologi sel masih dilaksanakan secara teoritis oleh guru-guru biologi di Kabupaten Lombok Tengah. Konsep yang disampaiak guru pada kedua materi tersebut belum ditunjang praktikum berbasis kromosom. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan mikroteknik preparasi sediaan (preparat) kromosom mitosis dan teknik pengamatannya dibawah mikroskop. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Praya pada tanggal 21 Juli 2023. Peserta pelatihan adalah guru mitra yang tergabung dalam MPMP Biologi Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah praktikum dan pendampingan, yang dikombinasikan dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan praktikum yang dilakukan, yaitu (1) pembuatan sediaan squash ujung akar, (2) observasi fase-fase mitosis kromosom, (3) observasi bentuk kromosom anafase, dan (4) dokumentasi fase-fase mitosis dan bentuk kromosom anafase dibawah mikroskop. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru mitra yang tergabung dalam MGMP Biologi Kabupaten Lombok Tengah sangat antusias mengikuti praktikum pada pelatihan ini yang ditandai dengan keterlibatan dan ketekunan mereka dalam membuat sediaan squash ujung akar, pengamatan fase mitosis, dan pengamatan bentuk kromosom. Melalui kegiatan pelatihan ini transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan mikroteknik pembuatan sediaan mitosis ujung akar dari tim pengabdian kepada guru biologi berjalan dengan baik berkat minat dan motivasi yang tinggi semua peserta pelatihan. Produk pelatihan sediaan kromosom yang dihasilkan dapat dijadikan bahan praktikum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sel dan genetika di sekolah.

Referensi

Allsops, T. dan Woolnough, B. 1985. Practical work in science. Cambridge: Cambridge University Press.

Darlington, C.D. dan L. F. La Cour, 1960. The Handling of Chromosomes. George Allen & Unwin Ltd. London.

Jahier, J., A.M. Chevre, F. Eber, R. Delourne, and A.M. Tanguy. 1996. Techniques of Plant Cytogenetics. Science Publishers, Inc., Lebanon.

Jones, R.N. dan C.K. Rickars. 1991. Practical Genetics. John Wiley & Sons, New York.

Mertens, T.R. dan R. L, Hammersmith. 2001. Genetics Laboratory Investigations. Twelfth Edition. Princte Hall. Upper Saddle River. New Jersey.

Mertha, I.G. 2001. Taksonomi Murraya exotica L. dan Murraya paniculata (L.) Jack. di Jawa: Suatu Pendekatan Berdasarkan Karyotipe. J. Biotropis Vol. 2. No. 2.

Mertha, I.G., A. Raksun, Syachruddin AR, dan S. Bahri. 2020. Pelatihan Pembuatan Preparat Kromosom Politen Drosophila Melanogaster Pada Guru-Guru Biologi Di Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 3 (2): 181-188.

Mertha, I.G., I.W. Merta, S. Bahri, A. Raksun, dan A.A. Sukarso. 2021. Pelatihan Pembuatan Dan Pengamatan Preparat Kromosom Profase I Meiosis Pada Guru-Guru Biologi Di Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4 (4): 312-319.

Mertha, I.G., Agil Al Idrus, A. Raksun, dan I.W. Merta. 2021. Pelatihan Preparasi Kromosom Dan Analisis Karyotipe Pada Dosen-Dosen Biologi Di Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4 (4): 376-382.

Soerodikoesoemo, W. 1987. Petunjuk Praktikum Mikroteknik Tumbuhan. Lab. Embriologi & Mikroteknik Tumbuhan. Fakultas Biologi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Suryo, 1996. Genetika. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).