Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Pada Guru Biologi di Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

  • Gito Hadiprayitno
  • Muhlis
  • I Putu Artayasa
  • Didik Santoso
  • Dadi Setiadi
  • Wayan Anggun Dyah Utami
  • Marwa Azzahra

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6446

Kata Kunci:

Pangkat, Jabatan, Profesional, Penelitian, Tindakan

Abstrak

Profesionalisme guru sangat ditentukan dari kompetensi dan kualifikasi yang dimilikinya. Pengembangan profesi yang tepat akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam kenaikan pangkat dan jabatan guru. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar guru biologi se-Kabupaten Lombok Tengah lebih dari 80% mengalami kesulitan dalam membuat karya ilmiah. Sementara guru diwajibkan untuk menulis karya ilmiah dengan tujuan kenaikan pangkat dan jabatan guru dari golongan III/b ke golongan III/c dan seterusnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan dan pendampingan bagi guru biologi se-Kabupaten Lombok Tengah dalam menulis karya ilmiah demi tercapainya tujuan yang dimaksud tersebut. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan bersama forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Biologi di Kabupaten Lombok Tengah. Jumlah guru biologi yang dilibatkan berjumlah 30 orang dari 17 SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Pelatihan penulisan karya ilmiah dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut: (1) penyampaian materi penulisan karya ilmiah secara klasikal, (2) simulasi penulisan karya ilmiah, (3) penugasan dan pendampingan peserta pelatihan penulisan karya ilmiah, (4) publikasi hasil penugasan penulisan karya ilmiah, dan (5) evaluasi kegiatan pelatihan. Pada setiap sesi akhir kegiatan pelatihan, peserta diberikan tugas untuk membuat karya tulis yang didampingi oleh tim pengabdian. Karya ilmiah hasil penugasan yang telah diselesaikan kemudian  didiskusikan pada forum MGMP Biologi di Kabupaten Lombok Tengah. Respon guru menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam kegiatan pelatihan ini. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa artikel penelitian yang dibuat oleh guru masih perlu disesuaikan lebih lanjut dan disesuiakan templatenya dengan jurnal tujuan publikasi. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian diantaranya ialah perumusan judul penelitian, afiliasi dan abstrak, rasionalisasi latar belakang penelitian, penyempurnaan, metode, pengungkapan hasil dan pembahasan, pembuatan kesimpulan serta penulisan pustaka yang sesuai dengan pedoman pada jurnal tujuan.

Referensi

Ahmadi, H. (2022). Analisis Hambatan Kenaikan Pangkat Guru dari Iva ke IVb di Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 517-523.

Al Idrus, S. W., Anwar, Y. A. S., Hakim, A., & Saprizal, S. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Kimia SMA di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1).

Artayasa, I. P., Merta, I. W., & Hadiprayitno, G. (2022). Penyuluhan Pelaksanaan Lesson Study di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 217-222.

Astawan, I. G., Arini, N. W., & Japa, I. G. N. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru SD Gugus VII Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 116-121.

Herianto, A., Ibrahim, I., Arif, A., & Khosiah, K. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MTs dan MI Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58-64.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Mardikantoro, H. B., & Setyaningsih, N. H. (2018). Penulisan Artikel Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Proceeding SNK-PPM, 1(1), 469-471.

Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 28-36.

Kaolan & Basrani. (2017). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Bagi Guru Jenjang SD di Kecamatan Samarinda Seberang. , XI(1), 121-132.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-06

Cara Mengutip

Hadiprayitno, G. ., Muhlis, Artayasa, I. P. ., Santoso, D., Setiadi, D. ., Utami, W. A. D. ., & Azzahra, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Pada Guru Biologi di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1195–1200. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6446