Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Untuk Guru-Guru di SMKN 1 Gerung

Penulis

  • Nuriadi Nuriadi
  • Ni Nyoman Sri Putu Verawati
  • Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6455

Kata Kunci:

Pelatihan, In Service Training, On Service Training, Karya Tulis Ilmiah, Publikasi Ilmiah.

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan memberikan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dan publikasi untuk guru-guru di SMKN 1 Gerung. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah dengan metode pelatihan dan pendampingan dengan serangkaian kegiatan In Service Training (IST) dan On Service Training (OST). Kegiatan IST dilakukan dengan menggunakan pendekatan andragogis yang mengedepankan metode ceramah, diskusi, dan presentasi untuk memberi pemahaman dan kompetensi guru tentang konten materi yang disajikan dalam PKM. Sedangkan kegiatan OST dilaksanakan pada saat guru menyusun karya ilmiah dalam bentuk artikel yang siap dipublikasi dalam jurnal nasional. Melalui kegiatan yang terencana dan dilakukan secara offline (tatap muka), kegiatan IST dalam PKM memberikan pemahaman guru dalam menulis karya tulis ilmiah dan teknik penulisan karya ilmiah. Hasil kegiatan OST menunjukkan bahwa pada proses pendampingan, para guru dapat menyusun karya ilmiah (format artikel) yang siap dipublikasi ke dalam jurnal nasional. Hasil monitoring dan evalusi kegiatan PKM menunjukkan bahwa kegiatan telah berjalan dengan baik sesuai target yang diharapkan. Beberapa testimoni dari guru sebagai peserta bahwa kegiatan sangat bermanfaat karena dapat sebagai wadah untuk mengembangkan kinerja profesionalisme guru.

Referensi

Bergmark, U. (2020). The role of action research in teachers’ efforts to develop research-based education in Sweden: Intentions, outcomes, and prerequisite conditions. Educational Action Research, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/09650792.2020.1847155

Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Wicaksono, A. B. (2021). Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bernuansa HOTS (Higher Order Thinking Skill) bagi Guru MTs di Kota Magelang. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 25–32.

Herowati, R., Widodo, G. P., Supriyadi, S., Sunarti, S., Keswara, Y. D., & Purnamasari, N. D. (2018). Training of Scientific Papers Writing for High School Teacher to Improve the Quality of the Teacher. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 85. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.176

Kunlasomboon, N., Wongwanich, S., & Suwanmonkha, S. (2015). Research and Development of Classroom Action Research Process to Enhance School Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1315–1324. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.248

Postholm, M. B. (2012). Teachers’ professional development: A theoretical review. Educational Research, 54(4), 405–429. https://doi.org/10.1080/00131881.2012.734725

Pratama, A. B. (2017). Jurnal Ilmiah sebagai Bahan Pembelajaran Berbasis Riset pada Pendidikan Sarjana Administrasi Negara. Journal of Public Administration and Local Governance, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.31002/jpalg.v1i1.440

Purwadi, A. J., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2021). Pelatihan Penulisan Proposal PTK Bagi Guru SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 6–15. https://doi.org/10.33369/jap.2.1.6

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-24

Cara Mengutip

Nuriadi, N., Verawati, N. N. S. P. ., & Jiwandono, I. S. . (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Untuk Guru-Guru di SMKN 1 Gerung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1216–1223. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6455