Pengenalan Ekosistem Mangrove untuk Penguatan Literasi Kebaharian Pada Siswa SMPN 2 Pujut Lombok Tengah

Penulis

  • Lalu Japa
  • Abdul Syukur
  • Karnan
  • Lalu Zulkifli
  • I Gede Darma Winata
  • Dianam

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6550

Kata Kunci:

Ekosistem, Mangrove, Literasi, Kebaharian, Siswa

Abstrak

Wilayah pesisir dan lautan sangat penting artinya bagi masyarakat.  Sebagai akibat dari aktivitas dimaksud, tidak bisa dipungkiri, bahwa kondisi sumber daya alam pesisir dan laut mengalami penurunan. Penurunan kondisi sumber daya strategis ini disebabkan oleh dua faktor, alami dan manusia (antropogenik). Dari kedua faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan bahari ini, hanya faktor antropogenik yang bisa dikendalikan dalam upaya meminimalisir kerusakan yang terjadi. Salah satu upaya pengendalian dimaksud adalah melalui jalur pendidikan formal di sekolah yaitu penanaman cinta bahari sejak dini agar sumber daya kebaharian dapat dilestarikan dan pemanfaatannya bisa berkelanjutan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: meningkatkan literasi kebaharian siswa SMPN 2 Pujut sebagai salah satu sekolah yang berada di kawasan KEK Mandalika melalui pengenalan ekosistem mangrove. Untuk maksud di atas, maka siswa SMPN 2 Pujut dilibatkan secara aktif menelaah dan berdiskusi terkait materi tentang ekosistem mangrove bedasarkan buku ekowisata ekosistem mangrove. Dalam jangka panjang, kegiatan pengabdian ini diharapakan bisa menghasilkan suatu model pembelajaran terintegrasi guna meningkatkan literasi kebaharian siswa dimana pengetahuan kebaharian akan dimasukkan sebagai bagian dari bahan materi yang diajarkan (silabaus) pembelajaran di sekolah. Dalam jangka pendek, diharapkan bisa menghasilkan profile literasi kebaharian siswa di KEK Mandalika sebagai bahan untuk menyusun bahan ajar yang terintegrasi guna meningkatkan literasi kebaharian siswa sebagaimana amanat dan tuntutan kurikulum merdeka yang sudah mulai dilaksanakan termasuk di SMPN 2 Pujut Lombok Tengah.

Referensi

Al Idrus, A., Syukur, A., & Zulkifli, L. 2017. Konservasi Mangrove BerbaisInstitusi Masyarakat Lokal di Pesisir Selatan Lombok Timur. Laporan Penelitian. Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasMataram.

Beckmann, R. 1994. Environmental Science. Australian Academy of Science. Camberra-Australia.

Cava, F., Schoedinger, S., Strang, C., & Tuddenham, P. (2005). Science content and standards for ocean literacy: A report on ocean literacy. Retrieved March, 25, 2005.

Chapman, V. J. (ed). 1977. Wet coastal ecosystems, ecosystems of the world I, Elsevier Scientific Publishing Company, Amsterdam.

Clayton, M.N. & King, R.J. 1995. Biology of Marine Plants, Longman Australia Pty Limited, Melbourne-Australia.

Dharmawan, I. W. E. dan Pramudji. 2017. Panduan Pemantauan Komunitas Mangrove. Edisi 2. Pusat Penelitian Oseanografi. COREMAP-CTI LIPI.

Ellison, A. M. 2008, ‘Mangrove ecology – applications in forestry and costal zone management’, Aquatic Botany, vol. 89, p. 77.

Ertekin, T. & Yuksel, C. (2014). The Role of Ecological Literacy Education with Academic Support in Raising Environmental Awareness for High School Student: “Enka Ecological Literacy Summer Camp Project Case Study”. (3rded). International Geography Symposium-GEOMED2013. Procedia Social and Behavioral Sciences 120 (2014).

Hindrasti, N. E. K., 2018. Reorentasi Pembelajaran Sains Literasi Kelsutan. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 11 No. 02.

Imam, B., Japa, L., Santoso, D., Bahri, S., & Syachruddin, AR. 2019. Peningkatan Pengetahuan Guru IPA SMP/MTs Tentang Biologi Cacing Nyale Di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2(4):433-437.

Imam, B., Japa, L., Bahri, S., & Handayani, B.S. 2020. Modul Pembelajaran Biologi Cacing Nyale (Buku Guru). Mataram. Mataram University Press.

Japa, L., & Santoso, D. 2019. Analisis komunitas mangrove di Kecamatan Sekotong Lombok Barat NTB. Jurnal Biologi Tropis, 19(1):25-33.

Japa, L., Karnan, & Santoso, D. 2021a. Community of Mangrove Category Tree and Sapling in The Sekotong Bay, West Lombok. Jurnal Biologi Tropis. 21(2):441-447.

Japa, L., Syukur, A., & Syachruddin, AR. 2021b. Pemanfaatan Lingkungan Ekosistem Mangrove sebagai Laboratorium Alam dalam Pelajaran IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah NW Nurul Ihsan, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Mangister Pendidikan IPA, 4(4):188-195.

Japa, L., Syukur, A., & Syachruddin, AR. 2022. Sosialisasi Buku Ekowisata Ekosistem Mangrove Sebagai Laboratorium Alam Untuk Pembelajaran IPA Di MTs. NW Nurul Ihsan Tanjung Luar Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Mangister Pendidikan IPA, 5(4):205-216.

Jusoff, K. 2013. Malaysian mangrove forests and their significance to the coastal marine environment. Polish Journal of Environmental Studies, 22(4):979-1005.

Karnan, Santoso, D., Japa, L., & Handayani, B.S. 2020. Literasi kebaharian siswa sekolah dasar dan menengah di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah, Laporan Penelitian, LPPM Universitas Mataram.

Lee, S. Y. Primavera, J. H., Dahdouh‐Guebas, F., McKee, K., Bosir, J. O., Cannicci, S., & Mendelssohn, I. 2014. Ecological role and services of tropical mangrove cosystems: a reassessment. Global Ecology and Biogeography, 23(7): 26-743

Macintosh, D. J. & Ashton, E. C. 2002 A review of mangrove biodiversity conservation and management. Centre for tropical ecosystems research (University of Aarhus, Denmark)

Magasing, R. 2013) “Pengaruh Pemanfaatan Hutan Mangrove sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar”. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration). 2013. Ocean Literacy: Essential Princples and Fundamental Concepls of Ocean Sciences for Learners of All Ages. Wanshington. DC : NOAA.

Savitri, E.N., & Sudarmin. 2016. Penerapan Pendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) Pada Mata Kuliah Konservasi dan Kearifan Lokal Untuk Menanamkan Softskills Konservasi Pada Mahasiswa IPA Unnes. Unnes Science Education Journal. 5(1):1102-1107.

Tomlinson, P. B. 2016. The botany of mangroves, 2 edn, Cambridge University Press, Cambridge, UK.

Utami, F.P., Karnan, Handayani, B.S., &Mahrus. 2021. Identifikasi Kemampuan Literasi Kelautan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6(1):81-86.

von Byern, J. dan R.M. Marwoto. 2009. Occurrence of Idiosepius (Mollusca: Cephalopoda) in Indonesian waters. Jurnal Biologi Indonesia. 6(1):13-23.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-05

Cara Mengutip

Japa, L., Syukur, A. ., Karnan, Zulkifli, L. ., Winata, I. G. D. ., & Dianam. (2023). Pengenalan Ekosistem Mangrove untuk Penguatan Literasi Kebaharian Pada Siswa SMPN 2 Pujut Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1229–1237. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6550