Introduction to Drinking Water Quality Standards for Communities in Poka Village, Teluk Ambon District

Penulis

Ervina Rumpakwakra , Nikmans Hattu , Gede Wiratma Jaya , Delpina Nggolaon , Marcia Violetha Rikumahu , Afifah Thohirah , Stevi Silahooy , Jolantje Latupeirissa , Ivonne Telussa , Samuel Simra Pada , Micky Kololu

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6564

Diterbitkan:

2024-02-26

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

air bersih, air minum, standar kualitas air minum, sumber air bersih

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rumpakwakra, E., Hattu, N., Jaya, G. W. ., Nggolaon, D. ., Rikumahu, M. V. ., Thohirah, A. ., … Kololu, M. . (2024). Introduction to Drinking Water Quality Standards for Communities in Poka Village, Teluk Ambon District. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6564

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kualitas air bersih yang digunakan selama ini menjadi prioritas utama untuk menjaga kesehatan dan pemenuhan kebutuhan keseharian. Sumber air bersih telah banyak dijumpai antara lain air sumur, air kemasan, air galon, dan air PDAM. Penggunaan air bersih di Desa Poka masih menggunakan air sumur dan air galon, sehingga timbul kekuatiran dari masyarakat mengenai kebersihan dan kualitas air. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu menjawab kegelisahan masyarakat dengan memperkenalkan Standar Kualitas Air Minum yang telah ditentukan dalam Permenkes RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010. Selain itu, kami juga menampilkan temuan-temuan air sumur yang tercemar dan juga mmberikan solusi cara merawat sumur. Selama kegiatan penyampaian materi, kami menggunakan pendekatan edukatif dan partisipatif dengan fokus utama adalah masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah Masyarakat di Desa Poka memiliki pengetahuan yang baik mengenai standar kualitas air minum sehingga diharapkan Masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Referensi

Astuti, F. A., Sungkowo, A., & Kristanto, W. A. D. 2018. Analisis Kebutuhan Air Domestik Dan Non Domestik Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Sains Dan Teknologi Lingkungan, 10(2), 138–145.

Keputusan Manteri Negara Lingkungan Hidup No. 115 Tahun 2003 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air.

Lantapon, H., Pinantoan, O. R., dan Akili, R.H. 2019. Analisis Kualitas Air Sumur Berdasarkan Parameter Fisik dan Derejat Keasaman (pH) di Desa Moyongkota Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal KESMAS, Vol. 8, No. 7, Hal. 161-166.

Novianti, N., Zaman, B., dan Saraminingsih, A. 2022. Kajian Status Mutu Air dan Identifikasi Sumber Pencemaran Sungai Cidurian Segmen Hilir Menggunakan Metode Indeks Pencemaran (IP). Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol 20, Issue 1, Hal. 22-27.

Saputra, W. 2021. Analisa Kebutuhan Air Bersih (Studi Kasus Desa Simpang Gaung Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir). Jurnal Selodang Mayang, 7(1), 61–68.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/ Menkes/Per/IV/2010 tentang Standar Kualitas Air Minum.

Biografi Penulis

Ervina Rumpakwakra, Universitas Pattimura

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).