Peningkatan Kapasitas Produksi Budidaya Trigona Melalui Pengembangan Inovasi Stup Bersekat, Di Desa Pendua, KLU

Penulis

Endah Wahyuningsih , Maiser Syaputra , Andi Tri Lestari , Markum , Hairil Anwar

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6565

Diterbitkan:

2023-12-05

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Produktivitas, Madu, Stup, Bersekat, Trigona

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wahyuningsih, E., Syaputra, M. ., Lestari, A. T. ., Markum, & Anwar, H. . (2023). Peningkatan Kapasitas Produksi Budidaya Trigona Melalui Pengembangan Inovasi Stup Bersekat, Di Desa Pendua, KLU. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1326–1329. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6565

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Komoditas HHBK yang sangat potensial untuk dikembangkan di NTB adalah madu. Madu merupakan salah satu jenis pangan yang sangat baik bagi kesehatan, produk perlebahan mendukung pemenuhan gizi masyarakat dan mendukung upaya pelestarian sumberdaya alam yang berperan penting dalam membantu proses penyerbukan tanaman. Pada Pulau Lombok banyak dikembangkan usaha budidaya lebah madu jenis Apis cerena dan Trigona sp. Pengembangan budidaya lebah madu trigona sudah banyak dilakukan khususnya pada masyarakat pedesaan. Akan tetapi, dalam upaya pengembangan budidaya trigona masih dalam skala Rumah tangga dan masih tradisional, sehingga mempengaruhi hasil produksi madunya. Keberhasilan usaha budidaya trigona dipengaruhi pada beberapa faktor antara lain: ketersediaan sumber pakan sepanjang musim, perkembangan koloni yang baik, serta stup yang digunakan, Bahan baku pembuatan kotak lebah atau stup memberikan pengaruh terhadap produksi madu baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Jenis kayu sebagai bahan baku stup berpengaruh, serta model stup terhadap produksi madu yang dihasilkan lebah madu trigona. Oleh karena itu, penyuluhan tentang peningkatan produktivitas lebah madu Trigona sp dengan menggunakan bahan kayu Dao (Dracontomelon dao) yang sesuai standard dan penggunaan inovasi stup bersekat sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas madu, polen dan propolis. Dengan demikian budidaya lebah madu trigona selain bermanfaat secara ekonomi dan ekologi juga dapat digunakan sebagai penunjang ketahanan pangan desa.

Referensi

Abdilah, H. 2008. Pengaruh Volume Stup terhadap Bobot Koloni dan Aktivitas Keluar masuk Lebang Klanceng (Trigona sp), Fakultas peternakan, Universitas Brawijaya, Malang

Ariyanto, D.P., Agustina, A., & Widiyanto, W. (2021). Budidaya lebah klanceng sebagai ekonomi alternatif masyarakat sekitar KHDTK Gunung Bromo UNS. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services,5(1),84-90, https://doi.org/10.20961/PRIMA.V5I1.45231

Balai Penelitian Pengembangan dan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu, 2018. Panduan Singkat Budidaya dan Breeding Lebah Trigona sp. Lombok, NTB.

Bradbear, N. 2009. Bees and Their Role in Forest Livelihood: A Guide to The Services Provided By Bees and The Sustainable Harvesting, Processing and Marketing of Their Products. FAO,Rome.

Harjanto, S, et all. 2020. Budidaya Lebah Madu Kelulut Sebagai Alternatif Mata Pencaharian Masyarakat. Modul ini digunakan untuk Pelatihan Daring Budidaya Lebah Kelulut, yang diselenggarakan atas kerjasama Goodhope Asia Holdings Ltd, Environmental Leadership & Training Initiative (ELTI), Tropenbos Indonesia dan Swaraowa, Juni 2020.

Iskandar S. D. 2005. Analisis Komponen Kimia dan Dimensi Serat Kayu Dadap (Eryhrina vareigata L). Departemen Tanaman Hasil Hutan, IPB Bogor.

Kuntadi. 2010. Pengembangan Budidaya Lebah madu dan Permasalahannya, Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Bogor.

Wahyuningsih, E., Wulandari, F.T,. Lestari, A.T. 2020. Peningkatan Produktivitas Lebah Madu Trigona Sp dengan Kayu Dadap (Erythrina Vareigata L) Sebagai Bahan Baku Stup Lebah, di Desa Pendua, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, NTB. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 3(4), 2020.

Wahyuningsih, E,. Lestari, A.T., Wulandari, F.T,. Syaputra, M,. Anwar, H. 2021. Pengayaan Tanaman Pakan Lebah Dengan Pola Agroforestry Home Garden Untuk Mendukung Kelestarian Sumber Pakan Lebah Madu Trigona

Wahyuningsih, E., Syaputra, M. Suparyana, P.K,. Lestari, A.T. 2022. Identifikasi Diversitas Sumber Pakan Lebah Berbasis Lahan Pekarangan Pada Meliponikultur di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman 19 (1), 29-44. 2022.

Biografi Penulis

Endah Wahyuningsih, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).